Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS EKONOMI

Bandara APT Pranoto Bakal Tingkatkan Perekonomian Kalimantan Timur

Kompas.com - 25/05/2018, 07:10 WIB
Auzi Amazia Domasti,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur optimistis Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto akan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kalimantan Timur.

Gubernur Kalimantan Timur, Awang Farouk Ishak, mengatakan dengan adanya bandara internasional baru maka semakin banyak pula sumber daya manusia yang diperlukan untuk perkembangan bandara dan wilayah sekitarnya. 

“Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), seperti penjualan oleh-oleh juga diizinkan agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Misalnya, orang kalau mau beli makanan khas Kalimantan Timur, gammi, cukup di bandara saja,” ujarnya saat meresmikan beroperasinya Bandara APT Pranoto, Kamis (24/5/2018).

Baca: Gantikan Temindung, Bandara APT Pranoto Samarinda Resmi Beroperasi

Selain itu, Bandara Samarinda Baru itu juga diharapkan bakal meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Kalimantan Timur.

Adanya Bandara APT Pranoto memberikan pilihan bagi wisatawan agar bisa pergi ke destinasi wisata seperti Pulau Derawan, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua melalui Samarinda, tak perlu ke Balikpapan.

Untuk diketahui, Kalimatan Timur juga memiliki Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) di Balikpapan yang berada sekira 90 kilometer dari Bandara Samarinda Baru.

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan masuk peringkat 10 besar dunia versi Airport Service Quality (ASQ). Peringkat tersebut berdasarkan kategori jumlah penumpang pada survei penilaian kepuasan penumpang triwulan II-2017 yang dilakukan oleh Airports Council International (ACI).

KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDI Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan masuk peringkat 10 besar dunia versi Airport Service Quality (ASQ). Peringkat tersebut berdasarkan kategori jumlah penumpang pada survei penilaian kepuasan penumpang triwulan II-2017 yang dilakukan oleh Airports Council International (ACI).

Awang menegaskan, keberadaan bandara baru tak akan mengganggu jumlah kunjungan penumpang di Bandara SAMS. Apalagi, kedua bandara tersebut dikelola oleh Angkasa Pura 1.

“Tapi tak usah takut dan ribut pangsa Bandara Sepinggan Balikpapan akan banyak diambil dan jadi sepi. Semuanya sudah ada porsinya,” ujarnya.

Direktur PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, mengatakan kehadiran Bandara APT Pranoto sangat tepat mengingat pertumbuhan kebutuhan angkutan penerbangan semakin tinggi.

Masyarakat jadi bisa memilih penerbangan dari atau ke Balikpapan dan Samarinda, tergantung kebutuhan konektivitas.

“Kita melihatnya tidak hanya di periode sekarang saja, tapi melihat lima tahun ke depan juga dan manfaatnya bagi masyarakat,” ujar Faik.

 Akses dan latar pembangunan

Kemudian, akses masyarakat Samarinda ke Bandara APT Pranoto bisa menggunakan bus Damri yang terdiri atas dua rute. 

Layanan transportasi dengan Damri tersebut akan gratis selama satu bulan ke depan.

Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur resmi beroperasi Kamis (24/5/2018)KOMPAS.com/ AUZI AMAZIA DOMASTY Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur resmi beroperasi Kamis (24/5/2018)

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com