Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Ekonomi Asian Games ke Ekonomi Indonesia Capai Rp 45 Triliun

Kompas.com - 31/05/2018, 06:35 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelenggaraan Asian Games 2018 diprediksi bisa mendatangkan dampak ekonomi yang besar bagi Indonesia.

Ketua Kadin Indonesia Rosan P Roslani mengatakan, berdasarkan data Bappenas, sumbangsih Asian Games pada pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar Rp 45 triliun.

"Ini berdampak signifikan ke dunia usaha. Dampaknya menurut Bappenas Rp 45,1 triliun," ujar Rosan di Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Baca: 15 Perusahaan Lokal Terpilih Bikin Merchandise Asian Games 2018

Meski pelaksanaan acara hanya di Jakarta dan Palembang, namun dampaknya meluas ke seluruh Indonesia. Terutama bagi usaha kecil menengah yang terlibat dalam produksi souvenir khas Asian Games.

Saat ini, ada 17 perusahaan yang berpartisipasi sebagai pemegang lisensi resmi. Sebanyak 15 di antaranya adalah perusahaan lokal.

"Kami libatkan dunia usaha, dorong daya beli. Semua terlibat, makanan minuman, transportasi, jasa," kata Rosan.

Rosan mengatakan, sektor konsumsi menyumbang porsi terbesar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebesar 53-54 persen di antaranya berasal dari konsumsi rumah tangga. Dengan adanya Asian Games, maka konsumsi rumah tangga akan meningkat dan berdampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi.

Yang terpenting, kata Rosan, acara ini bisa banyak menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat lokal.

"Perusahaan dan UMKM mendorong produksi, hire tenaga kerja. Memang hanya event olahraga, tapi dampaknya luar biasa meliputi semua industri, semua lapisan, dan pemangku kepentingan," kata Rosan.

Rosan mengatakan, dengan adanya event tersebut, infrastruktur Indonesia juga bertumbuh signifikan. Menurut dia, jika bukan karena Asian Games, mungkin pembangunan MRT akan molor dan renovasi GBK tidak sehebat saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com