Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bergerak Menguat, Rupiah Siang Ini di Rp 13.888 Per Dollar AS

Kompas.com - 31/05/2018, 11:14 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada siang ini, Kamis (31/5/2018) menguat, seiring dengan langkah Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan 7 Days Repo Rate (7DRR).

Mengutip Bloomberg, rupiah di pasar spot pada pukul 11.06 berada di Rp 13.888 per dollar AS atau menguat dari pagi hari saat pasar dibuka, yang berada di level RP 13.910 per dollar AS.

Sementara itu mengutip Kontan.co.id, rupiah menguat meskipun indeks dollar hari ini naik tipis ke 94,09 dari sebelumnya 94,07. Indeks dollar mencapai level tertinggi tahun ini pada Selasa lalu, tepatnya di angka 94,82. Setelah itu, indeks dollar terkoreksi meski masih mampu bertahan di atas 94.

Analis Monex Investindo Futures, Putu Agus Pransuamitra mengatakan, penguatan rupiah pada hari ini merupakan dampak lanjutan dari kenaikan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia menjadi 4,75 persen. Di samping itu, rupiah juga diuntungkan setelah tensi ketegangan politik di Italia mulai mereda.

Hal ini terjadi setelah partai 5 Star Movement berupaya membentuk koalisi baru dan menyerukan euroskeptik Paolo Savona menarik pencalonannya sebagai menteri ekonomi.

Penguatan rupiah juga ditopang oleh kurang baiknya hasil data ekonomi yang dirilis pemerintah AS kemarin. “Data ADP Non Farm Payroll dan GDP AS berada di bawah ekspektasi pelaku pasar,” kata Putu.

Dia memperkirakan, rupiah masih berpeluang menguat sepanjang perdagangan hari ini. Ia memprediksi, rupiah akan berada di kisaran Rp 13.910—Rp 13.980 per dollar AS pada penutupan perdagangan hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com