Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Dukung Langkah BI Naikkan Suku Bunga Acuan

Kompas.com - 31/05/2018, 16:39 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku mendukung langkah Bank Indonesia (BI) yang menaikkan suku bunga acuan atau BI 7-Day Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 4,75 persen.

"Saya menghormati keputusan BI dan mendukung langkah-langkah mereka," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Kamis (31/5/2018).

Sri Mulyani mengaku tetap optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini paling sedikit 5,17 persen meski BI telah menaikkan suku bunga acuan.

"Kami optimistis, pokoknya kita akan terus melakukan upaya semaksimal mungkin," kata Sri Mulyani.

Baca juga: IMF Sebut Langkah BI Naikkan Suku Bunga Sudah Tepat

BI menaikkan suku bunga acuan 25 basis poin jadi 4,75 persen pada RDG kemarin. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyebut hal itu sebagai langkah preventif memperkuat stabilitas ekonomi, terutama dalam hal nilai tukar.

BI juga memandang ada kemungkinan kenaikan suku bunga acuan Fed Fund Rate yang lebih tinggi dan meningkatnya risiko di pasar keuangan global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com