Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Luncurkan Tabungan Valas

Kompas.com - 04/06/2018, 19:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meluncurkan tabungan valuta asing (valas) dalam dua mata uang.

Peluncuran tabungan valas merupakan langkah perseroan untuk menggarap potensi dana asing dan menambah variasi produk.

Dengan adanya produk anyar yang dinamai Tabungan Felas tersebut, nasabah bisa menabung dalam mata uang dollar Amerika dan dollar Singapura.

Direktur BTN Budi Satria mengatakan, populasi masyarakat kelas menengah di Indonesia terus meningkat. Kalangan tersebut memiliki gaya hidup yang dekat dengan mata uang asing, seperti travelling, bisnis, menempuh pendidikan di luar negeri, dan investasi.

(Baca: Valas Terbatas, Bank Lebih Ketat Salurkan Kredit)

Selain itu, era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang kian dekat membuka peluang masuknya mata uang asing ke Indonesia. 

Melalui produk Tabungan Felas, Budi melanjutkan, BTN berupaya menggarap peluang aliran mata uang asing tersebut sekaligus melengkapi kebutuhan para nasabahnya.

"Dengan produk ini, kami berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menabung, bertransaksi, dan berinvestasi dalam mata uang asing. Dalam lima tahun pertama, kami membidik hampir 50.000 nasabah baru Tabungan Felas," kata Budi, Senin (4/6/2018).

Nasabah prioritas

Tabungan Felas menyasar nasabah baik Warga Negara Indonesia (WNI) mau pun Warga Negara Asing (WNA). Masyarakat kelas menengah ke atas di wilayah perkotaan dengan usia 20 hingga 60 tahun menjadi target utama.

Selain itu, BTN mengincar para profesional muda, pengusaha terutama di bidang ekspor impor, investor, nasabah prioritas, hingga keluarga. 

Melalui produk Tabungan Felas, BTN memberikan keuntungan berupa kurs dan bunga bersaing.

(Baca: Suku Bunga Acuan Naik, BCA Naikkan Bunga Deposito 0,25 Persen)

Produk dana ini juga akan dilengkapi kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk mempermudah penarikan tunai, baik di Indonesia hingga mancanegara.

Produk tersebut juga akan dilengkapi fitur kanal elektronik untuk kemudahan bertransaksi.

Hingga April 2018, BBTN mencatatkan penghimpunan tabungan melesat di level 43,28 persen secara tahunan (yoy). Posisi tabungan Bank BTN tercatat sekitar Rp 43,04 triliun atau tumbuh dari Rp 30,04 triliun pada bulan yang sama tahun lalu. 

Budi menjelaskan secara keseluruhan, BTN membidik Dana Pihak Ketiga (DPK) naik sebesar 23 persen (yoy).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com