Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Bank Perkuat Sistem IT

Kompas.com - 06/06/2018, 21:41 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Lebaran, perbankan memperkuat jaringan dan sistem teknologi untuk mengantisipasi lonjakan transaksi. Sebab, diprediksi mulai tanggal 8 Juni 2018 terjadi peningkatan aktivitas perbankan yang signifikan untuk pembayaran gaji dan tunjangan hari raya.

"Tahun ini akan ada lonjakan transaksi tapi kita harap bisa kita kendalikan dengan kapasitas IT," kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat bersama Komisi XI di Kompleks DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Selain itu, diprediksi juga ada lonjakan Real-Time Gross Settlement (RTGS) dan kliring (SKN) melalui Mandiri Online maupun internet banking.

Transaksi tersebut yang membutuhkan kestabilan jaringan sehingga harus dipelihara dengan baik. Kartika memastikan ATM dan EDC akan beroperasi penuh selama libur Lebaran.

Baca juga: Libur Lebaran Lebih Lama, Kebutuhan Uang Tunai Meningkat

"Harapan kami masyarakat semakin menggunakan transaksi nontunai, harus bergeser tidak lagi menggunakan transaksi tunai. Maka kami siapkan dr sisi ketersediaan network kami untuk melayani EDC dan agen," kata Kartika.

Hal senada juga dilakukan Bank Negara Indonesia (BNI). Direktur Bank Mandiri Achmad Baiquni mengatakan, pihaknya mempersiapkan pelayanan baik online maupun offline selama libur panjang.

"Diperkirakan transaksi meningkat dua kali lipat. Untuk memastikan internet banking berjalan, kami menambah jumlah sistemnya," kata Achmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com