Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

THR Cair, Optimisme Konsumen di Bulan Mei Meningkat

Kompas.com - 06/06/2018, 22:39 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi Indonesia pada bulan Mei 2018 meningkat dibanding bulan sebelumnya.

Bank Indonesia (BI), pada Rabu (6/6/3028) merilis Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Mei 2018 sebesar 125,1. Angka ini meningkat dibandingkan dengan bulan April 2018 sebesar 122,2.

"Keyakinan konsumen yang lebih tinggi didorong oleh peningkatan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) khususnya Indeks Penghasilan dan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama," sebut laporan BI.

Untuk peningkatan IKE, pada bulan Mei ini meningkat sebesar 5,9 poin dari bulan sebelumnya menjadi 116,1. Peningkatan ini didukung oleh meningkatnya indeks penghasilan pada bulan Mei sebesar 130,8 poin dari sebelumnya 121,2 poin. Angka ini tumbuh 9,6 dibandingkan periode April 2018.

Baca juga: Libur Lebaran Lebih Lama, Kebutuhan Uang Tunai Meningkat

Adapun Indeks Pembelian Barang Tahan Lama pada bulan Mei sebesar 123, meningkat 9,1 dari bulan sebelumnya sebelumnya sebesar 113,9.

"Kenaikan ini terjadi seiring dengan penerimaan Tunjangan Hari Raya (THR) dan menyambut Hari Raya Idul Fitri," sebut BI dalam laporannya.

Sementara itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sedikit menurun dari bulan sebelumnya terutama disebabkan oleh melemahnya ekspektasi kegiatan usaha pada 6 bulan mendatang.

Hasil survei juga mengindikasikan penurunan tekanan inflasi pada 3 bulan mendatang (Agustus 2018) dari bulan sebelumnya. Hal itu tercermin pada Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang sebesar 180,0, lebih rendah dari 183,6 pada bulan sebelumnya.

Angka tersebut menunjukkan konsumen memperkirakan menurunnya tekanan kenaikan harga dengan dipengaruhi oleh normalnya kembali permintaan pasca Hari Raya dan terjaganya pasokan barang, baik makanan maupun nonmakanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com