Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air Group Sediakan 20.330 Kursi Tambahan untuk Mudik Lebaran

Kompas.com - 07/06/2018, 13:22 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lion Air Group yang terdiri dari Lion Air, Batik Air, dan Wings Air menambah 20.330 kursi penerbangan ekstra selama masa angkutan Lebaran 2018 untuk layanan domestik.

Penerbangan tambahan akan efektif saat puncak arus mudik dan arus balik (peak season) mulai 6 hingga 30 Juni 2018.

Lion Air Group telah memproyeksikan pertumbuhan dari permintaan jasa angkutan udara pada tahun ini setara dengan 10-15 persen dari total kapasitas operasional regular maskapai.

“Lion Air Group berkomitmen dalam mengupayakan dan menyediakan layanan penerbangan terbaik yang mampu mengakomodir kebutuhan pelanggan dan masyarakat selama Lebaran 2018," ujar President and CEO Lion Air Group, Edward Sirait, melalui keterangan tertulis, Kamis (7/6/2018).

(Baca: 5 Rute Lion Air yang Paling Digemari Penumpang)

Ada pun jumlah penerbangan tambahan masing-masing maskapai yakni Lion Air 62 penerbangan (11.718 kursi), Batik Air 35 penerbangan (6.020 kursi), dan Wings Air 36 penerbangan (2.592 kursi).

Edward mengatakan, Lion Air Group menentukan jumlah itu berdasarkan hasil analisa pasar untuk rute terbaik yang memiliki permintaan tinggi, frekuensi penerbangan, jam operasional bandar udara keberangkatan maupun tujuan, serta tidak menjual tarif tiket pesawat di atas ketentuan, yaitu tarif batas atas.

Selain itu, Lion Air Group akan memperkuat sumber daya manusia di bandar udara yang menjadi bagian extra flight  untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Sedangkan untuk jenis pesawat yang dioperasikan akan menyesuaikan dengan peningkatan trafik arus mudik Lebaran pada tahun ini," kata Edward.

Rampcheck

Dalam mendukung kesiapan arus mudik dan arus balik tahun ini, Lion Air Group melakukan pengecekan kelaikan pesawat bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Edward mengatakan, pilot dalam keadaan sangat siap dengan jam istirahat cukup serta awak kabin dan ground handling tetap menjalankan standar prosedur operasi secara tepat.

"Lion Air Group dinyatakan siap dengan performa bagus yang memenuhi kualifikasi pelayanan penerbangan," kata Edward.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com