Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akankah Apple Jadi Perusahaan Amerika Pertama yang Bernilai 1 Triliun Dollar AS?

Kompas.com - 07/06/2018, 15:37 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNNMoney

NEW YORK, KOMPAS.comApple mendekati posisi menjadi perusahaan Amerika Serikat pertama yang bernilai 1 triliun dollar AS atau sekitar Rp 13.900 triliun (kurs Rp 13.900 per dollar AS).

Saat ini, total nilai valuasi pasar Apple telah mencapai 945 miliar dollar AS. Harga saham Apple (AAPL) meningkat 13 persen tahun ini, jauh lebih baik dibandingkan dengan kondisi pasar secara keseluruhan.

Seperti dikutip dari CNN Money oleh Kompas.com  Kamis (7/6/2018), agar Apple apat mencapai valuasi pasar 1 triliun dollar AS, saham Apple harus naik 6 persen menjadi 202,3 dollar AS.

Meskipun beberapa pihak menilai Apple memerlukan produk baru untuk menjaga penjualan dan keuntungan, namun perusahaan teknologi ini telah sukses melakukan penjualan iPhone 8 dan X, terutama di Jepang dan China, yang membuatnya mendekati angka valuasi pasar 1 triliun dollar AS.

Baca juga: Saham Apple dan Amazon Sentuh Level Tertinggi, Wall Street Hijau

Selain itu, Apple juga mengalami peningkatan pendapatan dari layanan App Store. Pada kuartal I tahun 2018 ini, penjualan Apple meningkat 16 persen.

Sebelumnya, Apple juga telah menggelontorkan dividen sebesar 267 miliar dollar AS kepada investor, termasuk konglomerat AS, Warren Buffett.

Perusahaan Buffett, Berkshire Hathaway mengantongi 75 juta saham Apple di kuartal pertama lalu. Hal ini menjadikan Berkshire sebagai pemegang saham utama.

Selain Apple, Amazon juga mencapai titik tertingginya, dengan valuasi perusahaan mencapai 800 miliar dollar AS, membuat kekayaan sang CEO Jeff Bezos mencapai 140 miliar dollar AS.

Adapun Google dan Microsoft juga telah meraih rekor pencapaian tertinggi. Nilai masing-masing raksasa perusahaan teknologi ini mencapai lebih dari 775 miliar dollar AS.

Sementara Facebook mencapai rekor nilai perusahaan, yaitu 560 miliar dollar AS.

Jika diakumulasikan, nilai Apple, Amazon, Google, Microsoft, dan Facebook akan mencapai 3,9 triliun dollar AS.

Informasi saja, untuk perusahaan terbuka pertama dunia yang mampu menembus 1 triliun dollar AS adalah perusahaan minyak PetroChina pada 2007.  Ketika itu saham perusahaan China itu  mulai diperdagangkan di Shanghai.  Saat ini, nilai valuasi Petrochina adalah 240 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNNMoney
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com