Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Imbau Calon Penumpang Manfaatkan "Self Check In" dan "Check In Online"

Kompas.com - 11/06/2018, 15:45 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansury mengimbau agar para calon penumpang memanfaatkan berbagai fasilitas check in.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari pemudik dari antrean di loket check in serta mempercepat gerak penumpang untuk sampai ke boarding lounge dan masuk ke pesawat selama peak season berlangsung.

"Masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas self check in dan online check in untuk mengurangi kepadatan," kata Pahala usai memantau angkutan Lebaran di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (11/6/2018).

Baca: Garuda Prediksi Angkut 1,2 Juta Penumpang selama Musim Lebaran 2018

Di Bandara Soekarno-Hatta, tersedia 38 unit mesin self check in yang tersebar di area keberangkatan.

Dari data Garuda Indonesia, terjadi peningkatan persentase penggunaan self check in atau check in mandiri mencapai 10 persen selama beberapa hari terakhir, dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Sementara untuk online atau web check in juga dinilai efektif meminimalkan panjang antrean ketika calon penumpang hendak berangkat.

Meski begitu, belum semua bandara di Indonesia bisa menerapkan online check in, sehingga diharapkan penumpang bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia dengan maksimal.

Pahala memprediksi, Garuda Indonesia bisa mengangkut hingga 1,2 juta penumpang selama periode musim angkutan Lebaran, dari tanggal 8 sampai 24 Juni 2018. Perkiraan jumlah penumpang tersebut tumbuh 3 persen dibanding pertumbuhan penumpang pada musim angkutan Lebaran tahun lalu.

Puncak arus mudik Lebaran diperkirakan Pahala jatuh pada 13 sampai 14 Juni 2018, dengan jumlah penumpang yang diterbangkan Garuda Indonesia kurang lebih 114.000 orang.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Garuda Indonesia juga telah menyiapkan extra flight sebanyak 768 jadwal penerbangan, berupa 480 penerbangan Citilink dan 288 penerbangan Garuda Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com