Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunggu Hasil Pertemuan Trump-Kim Jong Un, Wall Street Naik Tipis

Kompas.com - 12/06/2018, 06:38 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Pasar saham Amerika Serikat (Wall Sreet) ditutup menguat tipis pada perdagangan Senin (11/6/2018) waktu setempat.  Para investor masih menunggu hasil akhir dari pertemuan bersejarah antara Presiden Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura.

Dow Jones Industrial Averange naik tipis 5,78 poin menjadi 25.322,31. Adapun S&P 500 meningkat 2,97 poin menjadi 2.782. Sementara, indeks Nasdaq Composite merangkak naik 14,41 poin menjadi 7.659,92.

Analis menilai, pertemuan Trump dengan Kim Jong Un pada Selasa (12/6/2018) ini akan menjadi hal yang menarik bagi pasar.

"Ini akan mengalihkan hubungan antara Amerika dan Barat yang sedang tidak baik," ujar Senior Market Analyst Oanda Craig Erlam, dikutip dari FoxBusiness.

Baca juga: Indonesia Tunggu Kesepakatan Politik Trump-Kim Jong Un Besok

Erlam melanjutkan, pertemuan tersebut akan berjalan lancar jika kedua negara berada pada tujuan yang sama.

"Tetapi Trump secara khusus akan lebih menekankan pada kemajuan menuju denuklirisasi," ujar dia.

Adapun pada Jumat (8/6/2018) dan Sabtu (9/6/2018) lalu, negara-negara yang tergabung dalam G7 berkumpul di Quebec, Kanada. Ketegangan yang terjadi di antara Trump dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau semakin meningkat.

Namun investor masih lebih tertarik untuk menunggu hasil akhir pertemuan antara Presiden Trump dan Kim Jong Un. Sehingga, pasar tidak terlalu peduli dengan hasil akhir dari pertemuan G7 tersebut.

Selain itu, pasar saham Eropa juga ditutup menguat tipis beriringan dengan pernyataan Menteri Perekonomian Italia Giovanni Tria, bahwa Italia akan tetap berkomitmen menggunakan mata uang Euro.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com