Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Ada Penurunan Jumlah Kendaraan Pribadi Jelang H-3 Lebaran

Kompas.com - 12/06/2018, 11:38 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengakui ada penurunan jumlah kendaraan pribadi pada arus mudik tahun ini.

Penurunan jumlah kendaraan pribadi tersebut terpantau menurun hingga H-4 Lebaran atau pada Senin (11/6/2018).

"Secara umum kendaraan pribari baik roda dua dan roda empat sampai kemarin turun semua. Untuk roda dua turun dan roda empat mencapai 42 persen. Ini merupakan volume yang besar," terang Budi ketika berkunjung ke Posko Mudik Cikopo, Selasa (12/6/2018).

Budi Karya pun menganggap itu sebagai angka positif mengingat hal itu terjadi jelang puncak arus mudik yang diprediksi bakal terjadi hari ini atau Selasa (12/6/2018).

Baca juga: Tips agar Tidak Bokek Setelah Mudik

Di sisi lain, Budi Karya meyakini bahwa adanya penurunan jumlah kendaraan pribadi disebabkan makin banyaknya pemudik yang memilih menggunakan transportasi umum.

"Ada kemungkinan ini pindah ke moda angkutan lain. Angkutan udara naik 15 persen padahal prediksi kami 4 persen. Selain itu, mudik gratis naik bus juga masif, mudik gratis naik kapal juga banyak," sebut dia.

Namun demikian, Budi Karya masih akan terus memantau perkembangan di lapangan sebab diperkirakannya dalam dua hari ke depan akan ada lonjakan kendaraan.

"Namun ini msh ada tiga hari jadi akan kami lihat perkembangannya. Prediksi hari ini dan besok ada peningkatan sesuai dengan data kami," sebut Budi Karya.

Kompas TV Kemenhub meminta bandara - bandara buka hingga tengah malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com