Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Distribusi Jatim Jamin Pasokan Listrik selama Libur Lebaran

Kompas.com - 12/06/2018, 16:47 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur memastikan pasokan listrik tetap aman selama libur Lebaran 2018 berlangsung. Sepanjang musim libur ini juga dipastikan tidak ada pengerjaan pemeliharaan sejak H-5 hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Kondisi pasokan listrik aman. Selama cuti bersama, PLN Distribusi Jawa Timur juga menyiapkan regu teknisi sebanyak 2.000 personel lengkap dengan armada dan alat kerja," kata Manajer Komunikasi Hukum dan Administrasi PLN Distribusi Jawa Timur Dwi Suryo Abdullah dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/6/2018).

Menurut Dwi, pada hari pertama cuti bersama Lebaran, yakni Senin (11/6/2018) kemarin, beban listrik pada pagi hari tercatat sebesar 4.090 megawatt dan 4.832 megawatt pada malam hari.

Dari beban listrik tersebut, didapati penurunan sementara reverse margin mencapai 50 persen, di mana sekaligus terdapat kenaikan cadangan daya hingga 2.500 megawatt.

Terhadap daerah yang tidak dipasok oleh sistem grid PLN, menurut Dwi, telah disiapkan mesin pembangkit diesel dan mesin gas dengan kapasitas 24.800 kilowatt yang tersebar di 8 sistem isolated.

Dari hasil pantauan terkini, semua sistem isolated dalam keadaan aman dengan beban puncak sebesar 10.700 kilowatt atau menghasilkan cadangan sekitar 57 persen.

"Masih dalam momen Ramadan, PLN juga memberikan promo untuk seluruh pelanggan dengan Diskon Biaya Tambah Daya sebesar 50 persen kepada pelanggan 220 VA sampai 197 KVA dan diskon 100 persen untuk pelanggan rumah ibadah sampai 30 Juni," tutur Dwi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com