Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Sambut Ribuan Pemudik Pengguna Kapal di Pelabuhan Tanjung Emas

Kompas.com - 13/06/2018, 12:04 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Puluhan ribu pemudik dari Jakarta tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (13/6/2018) pagi. Kedatangan mereka langsung disambut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Hari ini kami ke Tanjung Emas dalam rangka menjemput para pemudik gratis menggunakan kapal Jakarta-Semarang," kata Budi Karya di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Budi Karya pun kemudian menemui beberapa pemudik yang baru tiba dari Jakarta. Dia bertanya tentang bagaimana kondisi di dalam kapal dan perasaan mereka mudik menggunakan kapal.

Tak hanya itu, Budi Karya juga bertanya kepada para pemudik apakah berniat menggunakan fasilitas mudik gratis menggunakan kapal lagi tahun depan.

"Dari apa yang saya tanya memang ada satu dua problem, tetapi saat saya tawarkan mudik gratis pakai kapal tahun depan mereka jawab mau ikut lagi, mereka ingin buat kelompok-kelompok pemudik," jelasnya.

Menhub juga mengatakan bahwa mudik gratis menggunakan kapal tahun ini menunjukkan tren positif lantaran okupansinya mencapai 90 persen.

"Kemenhub menyediakan 30.000 orang untuk mudik gratis menggunakan kapal dan okupansinya itu 90 persen. Tahun depan rencananya akan ditingkatkan tiga kali lipat tergantung jumlah kapalnya," tutur Budi Karya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com