Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Penumpang Datang Lebih Awal, Stasiun Pasar Senen Padat

Kompas.com - 13/06/2018, 12:45 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penumpukan calon penumpang kereta terpantau terjadi di Stasiun Pasar Senen, pada Rabu (13/6/2018).

Executive Vice President (EVP) Daerah Operasi I PT Kereta Api Indonedia (KAI) R Dadan Rusdiansyah mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi penumpukan penumpang dengan memajukan waktu boarding lebih awal.

Menurutnya, penumpukan terjadi karena masih banyak calon penumpang yang datang jauh lebih awal dari waktu keberangkatan.

Baca: Laris Manis Kereta Sleeper

"Kami kerja keras lagi untuk pengaturan di zona 2 (pengecekan identitas sebelum memasuki peron), kalau di zona 3 (area bebas) itu terjadi penmpukan karena masih banyak calon penumpang yang datang jauh lebih awal dari rencana keberangkatannya," jelas dia kepada Kompas.com di Stasiun Pasar Senen, Rabu (13/6/2018).

Dirinya menjelaskan, banyak penumpang yang jadwal keberangkatannya pukul 16.00 WIB, tapi sejak pagi pukul 07.00 WIB hingga 08.00 WIB sudah datang dan menunggu kereta di pelataran stasiun. Padahal, boarding baru dilakukan satu jam sebelum kereta diberangkatkan.

"Misalnya, yang berangkat jam 4 sore, mereka sudah datang jam 7 atau jam 8, begitu juga yang kereta malam, kereta diberangkatkan jam 11 malam, mereka sudah datang dari sebelum buka," lanjut dia.

Adapun pada H-2 Lebaran ini, jumlah penumpang kereta yang melalui Stasiun Pasar Senen pada pukul 10.00 berjumlah 25.075 penumpang. Dengan rincian, 19.468 penumpang menggunakan KA Reguler, dan 5.607 penumpang lainnya menggunakan KA Tambahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com