Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Ramadhan Wilmar Sebar 14.500 Paket Sembako

Kompas.com - 13/06/2018, 13:07 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wilmar bersama Kementerian Perdagangan menggelar pasar murah di 29 lokasi yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Lampung.

Pasar murah di 29 lokasi menyediakan 14.500 paket sembako yang terdiri dari minyak goreng 2 liter, beras 5 kilogram, gula 2 kilogram, dan sirup satu botol.

Pasar murah digelar untuk membantu pengembangan pesantren sekaligus meringankan beban masyarakat sekitar pesantren dalam memenuhi kebutuhan pokok dan stabilisasi harga jelang hari raya Idul Fitri.

"Pasar murah Ramadhan yang sudah kedua kalinya dijalankan oleh Wilmar dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerjasama dengan sejumlah pesantren ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat sekitar pesantren dalam memenuhi kebutuhan pokok dan stabilisasi harga jelang hari raya sekaligus membantu pengembangan pesantren," ujar Komisaris Wilmar Grup M.P Tumanggor, Rabu (13/6/2018).

(Baca: Kuli Gendong Ini Tempuh Perjalanan 13 Kilometer untuk 1 Paket Sembako)

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi mengapresiasi kegiatan pasar murah yang diselenggarakan Wilmar.

Menurutnya, Kementerian Perdagangan menjadi fasilitator dan mengajak perusahaan untuk membantu pesantren sekaligus meringankan beban masyarakat kurang mampu di sekitar pesantren.

Adapun mekanisme pelaksanaan pasar murah tahun ini, Wilmar memberikan bantuan CSR berupa sembako kepada pesantren di 29 lokasi. Selanjutnya, pesantren akan menjual sembako tersebut kepada masyarakat kurang mampu di sekitar pesantren seharga Rp 50.000 per paket.

"Harga paket sembako jauh di bawah harga pasar. Nilai paket riil seharusnya 125 ribu rupiah. Khusus untuk pasar murah, pesantren menjual paket ini sebesar 50 ribu rupiah," ucap dia.

(Baca: Semen Indonesia Bagikan 5.200 Paket Sembako Murah untuk Warga Miskin)

Wilmar berkomitmen mendukung program Kementerian Perdagangan dalam menstabilkan harga bahan pokok menjelang lebaran. Dengan adanya pasar murah, masyarakat miskin bisa mendapat produk berkualitas dari Wilmar dengan harga terjangkau.

Melalui pelaksanaan pasar murah Ramadhan seperti ini Wilmar ingin masyarakat lebih mengenal produk-produknya dan menyampaikan pesan kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu.

"Kami ingin turut berkontribusi dalam pengembangan pesantren yang menjadi lokasi pasar murah ramadhan," kata Tumanggor.

Adapun lokasi pasar murah ini tersebar di DKI Jakarta, Depok, Karawang, Ciamis, Tasikmalaya, Majalengka, Sukabumi, Garut, Kuningan, Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Tegal dan Lampung. Untuk masing-masing daerah, pasar murah bisa dilaksanakan di 4 titik lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com