Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketepatan Waktu Pesawat Selama Mudik Rerata 90 Persen

Kompas.com - 13/06/2018, 20:33 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan mencatat rata-rata ketepatan jadwal keberangkatan pesawat terbang selama libur Lebaran 2018 sudah cukup baik.

Tingkat ketepatan jadwal yang diukur melalui indikator On Time Performance (OTP) mencatatkan rata-rata mencapai 90 persen.

"Dari 14 airline yang melayani penerbangan berjadwal, OTP-nya sekitar 90 persen. Namun, masih ada beberapa yang terkendala," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso saat ditemui di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (13/6/2018).

Menurut dia, masih ada maskapai yang mengalami penundaan jadwal keberangkatan atau delay pada musim angkutan Lebaran 2018.

(Baca: Pesawat Rusak, Penumpang Sriwijaya Air Terlantar di Bandara Makassar)

 

Meski terjadi delay, imbuhnya, waktu keterlambatannya masih bisa ditoleransi dan pencapaian OTP maskapai tersebut juga tercatat cukup baik.

"Beberapa (maskapai) yang terkendala itu sekitar 75 persen (OTP-nya). OTP ini menjadi sesuatu yang kami perhatikan agar masyarakat tidak terlalu lama menunggu," ujar Agus.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (13/6/2018)KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (13/6/2018)

Terlepas dari capaian OTP, Agus mengimbau agar setiap maskapai tetap mengutamakan faktor keselamatan ketimbang ketepatan waktu semata.

Kepastian terhadap faktor keselamatan dijamin Kementerian Hubungan melalui ramp check yang telah dilaksanakan sebulan sebelum angkutan Lebaran dimulai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com