Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H+3 Lebaran, Ratusan Ribu Orang Menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni

Kompas.com - 18/06/2018, 15:21 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

LAMPUNG, KOMPAS.com - Pemudik mulai meninggalkan Pulau Sumatera untuk kembali ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni pada H+3 Lebaran atau bertepatan dengan Senin (18/6/2018).

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat, sudah ada 125.194 orang dan 15.093 unit mobil yang menaiki kapal dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini mengatakan, kondisi arus balik di Pelabuhan Bakauheni saat ini masih relatif normal lancar.

"Diperkirakan mulai besok arus penumpang dan kendaraan akan meningkat menyusul instansi pemerintahan dan swasta mulai kembali beraktivitas pada Kamis, 21 Juni mendatang," kata Imelda dalam keterangan tertulisnya, Senin siang.

(Baca: Tak Ada Lonjakan Arus Balik Hingga H+3 Lebaran)

Posko Data Bakauheni mencatat jumlah penumpang yang telah menyeberang kembali ke Merak tersebut baru sekitar 13 persen dari total 970.327 penumpang yang menyeberang ke Sumatera pada arus mudik lalu.

Selain itu, sebanyak 9.909 unit kendaraan roda dua atau 12 persen dari total 83.845 unit yang menyeberang ke Sumatera juga terpantau sudah diseberangkan ke Pelabuhan Merak.

Sementara kendaraan roda empat atau lebih baru diberangkatkan sebanyak 15.093 unit atau 13 persen dari total 196.629 unit yang menyeberang dari Merak saat arus mudik lalu.

"Di sisi lain, Posko Data Bakauheni pada Minggu hingga Senin ini pukul 08.00 WIB mencatat jumlah trip mencapai 131 trip atau naik 7 persen dibandingkan realisasi 2017," imbuh Imelda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com