Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang Lebaran Dorong Pertumbuhan Penumpang KRL

Kompas.com - 21/06/2018, 16:56 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter Indonesia mencatat terjadi pertumbuhan jumlah penumpang yang signifikan selama libur panjang Lebaran 2018.

Pertumbuhan traffic penumpang diukur dari tujuh stasiun yang biasanya dipadati penumpang pada musim libur Lebaran.

"Di Stasiun Bogor misalnya, terpantau jumlah pengguna naik sekitar 7,9 persen dengan volume tertinggi sejauh ini pada tanggal 17 Juni sebesar 122.019 orang," kata Vice President Komunikasi PT KCI Eva Chairunisa melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (21/6/2018).

Peningkatan jumlah penumpang juga terlihat di stasiun lain, seperti Stasiun Jakarta Kota dengan kenaikan pengguna sekitar 34 persen dengan volume tertinggi jatuh di tanggal 17 Juni sebanyak 105.372 orang.

Baca juga: Rupiah Melemah Pasca-Libur Lebaran, Ini Kata Menko Darmin

Adapun Stasiun Cikarang yang tahun lalu belum beroperasi, saat libur Lebaran ini tercatat rata-rata melayani 16.971 pengguna setiap harinya.

"Jumlah pengguna terpadat di Stasiun Cikarang pada masa Lebaran kali ini sebanyak 19.117 orang di tanggal 17 Juni," tutur Eva.

Stasiun lain yang turut mengalami pertumbuhan jumlah penumpang selama libur Lebaran adalah Stasiun Bekasi (34 persen), Stasiun Rangkasbitung (16,3 persen), dan Stasiun Tanah Abang (6,8 persen). Pertumbuhan penumpang di stasiun-stasiun tersebut dibandingkan dengan traffic penumpang pada hari-hari biasa.

Eva memprediksi, pertumbuhan jumlah penumpang masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Perkiraan itu didukung oleh masa libur sekolah yang masih berlangsung serta karyawan atau pekerja lain yang mengambil cuti lebih panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com