Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Darmin: Operasi Pasar Satu-satunya Cara Turunkan Harga Beras

Kompas.com - 21/06/2018, 18:09 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan, operasi pasar menjadi satu-satunya cara menurunkan harga beras.

Menurut Darmin, kondisi panen beras yang tidak terpusat dalam satu waktu membuat stok beras di gudang kosong dan minim penyerapan.

"Puncak panen itu mestinya April atau Mei, tetapi ternyata puncaknya itu agak menyebar. April ada, Mei ada sehingga tidak pernah ada penumpukkan stok yang besar-besaran. Dengan begitu, maka untuk menurunkan harga beras ini melalui operasi pasar dari beras yang kita impor, enggak ada jalan lain," ucap Darmin di kantornya, Kamis (21/6/2018).

Darmin mengatakan, upaya tersebut telah dilakukan pemerintah, bahkan sejak bulan puasa kemarin.

Baca juga: Buwas, Beras, dan Politik Pangan

"Apalagi bulan puasa kemarin. Walaupun mungkin volumenya belum terlalu besar. Namun, itu yang kita minta volumenya diperbesar sebetulnya sejak dua minggu sebelum Lebaran," kata Darmin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com