Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusut, Utang Luar Negeri Indonesia Capai 356,9 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 21/06/2018, 19:13 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia mencatat jumlah utang luar negeri per akhir April 2018 sebesar 356,9 miliar dollar AS. Rinciannya, utang pemerintah dan bank sentral sebesar 183,8 miliar dollar AS dan utang swasta yang termasuk BUMN senilai 173,1 miliar dollar AS.

Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan Maret 2018 yang mencapai 358,7 miliar dollar AS.

Berdasarkan keterangan resmi dari laman Bank Indonesia, bi.go.id, disebutkan posisi utang luar negeri ini tumbuh 7,6 persen (year on year).

Pertumbuhan utang luar negeri akhir April ini lebih rendah dibanding posisi utang luar negeri per akhir Maret 2018 sebesar 8,8 persen (year on year), baik dari utang luar negeri pemerintah maupun swasta.

Baca juga: Pertumbuhan Utang Luar Negeri Indonesia Triwulan I 2018 Melambat

Sementara itu, BI menyebut kepercayaan investor asing terhadap pengelolaan fiskal dan pasar Surat Berharga Negara (SBN) tetap tinggi meski ada tekanan likuiditas global.

Hal itu terlihat salah satunya dari penerbitan Surat Utang Negara (SUN) dalam mata uang dollar AS dan euro dengan format SEC-Registered Shelf pada April 2018, yang memungkinkan pemerintah menerbitkan obligasi di pasar modal kapanpun ketika dibutuhkan.

Pada bulan yang sama, juga terjadi pelunasan pinjaman dan pelepasan SBN domestik oleh investor asing pascakenaikan Fed Fund Rate akhir Maret 2018. Adapun untuk utang luar negeri swasta, tercatat mengalami perlambatan pada sektor pertambangan, industri pengolahan, dan sektor jasa keuangan.

Secara tahunan, pertumbuhan utang luar negeri ketiga sektor tersebut pada April 2018 masing-masing sebesar 2,1 persen, 4,3 persen, dan 2,1 persen di mana lebih rendah dibanding pertumbuhan pada bulan sebelumnya. Namun, ada peningkatan utang luar negeri di sektor pengadaan listrik, gas, dan uap atau air panas.

Porsi keempat sektor tersebut terhadap total utang luar negeri swasta mencapai 72,4 persen atau kurang lebih sama dengan periode sebelumnya. BI turut mencatat, rasio utang luar negeri terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di kisaran 34 persen.

Struktur utang luar negeri Indonesia juga masih didominasi oleh utang jangka panjang, di mana porsinya 86,7 persen terhadap keseluruhan utang luar negeri.

Kompas TV Utang Luar Negeri Indonesia Naik per Mei

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com