Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan, IHSG Dibuka Melemah

Kompas.com - 22/06/2018, 11:03 WIB
Kurniasih Budi

Editor


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah sebesar 25 poin atau 0,43 persen ke posisi 5.796,89 pada Jumat (22/6/2018), dari posisi sebelumnya 5.822,33.

Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada berpendapat kepanikan dalam menanggapi sentimen yang ada membuat laju IHSG tidak mampu bertahan di zona hijau setelah sempat terjadi kenaikan pada awal sesi.

"Tampaknya pelaku pasar memanfaatkan kenaikan tersebut untuk trading sesaat dan mendapatkan gain untuk kemudian kembali mengamankan posisi," katana.

Selain itu, laju rupiah yang cenderung kembali melemah membuat pelaku pasar kembali panik.

(Baca: IHSG Kembali Merah, Rupiah Melemah di Atas 14.100)

Pelaku pasar masih merespons ancaman perang dagang antara AS dan China serta rencana Bank Indonesia mengikuti langkah The Fed untuk menaikan tingkat suku bunga acuannya.

Di sisi lain, pergerakan bursa saham Asia yang cenderung variatif melemah turut membuat laju IHSG kembali memerah.

IHSG BEI pada Kamis (21/6/2018) sore ditutup melemah 61,70 poin atau 1,04 persen menjadi 5.822,33, atau lebih baik dibandingkan pelemahan sebelumnya yang turun 109,59 poin atau 1,83 persen.

Reza mengatakan pergerakan IHSG yang tidak mampu bertahan di zona positifnya akibat kepanikan berlebihan dari pelaku pasar membuat peluang kenaikan menjadi lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com