Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS EKONOMI

Arus Balik Lebaran Lewat Bandara Juanda Paling Ramai

Kompas.com - 25/06/2018, 06:37 WIB
Kurniasih Budi

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso memuji kesigapan stakeholder penerbangan di Bandara Internasional Juanda, Surabaya selama libur Lebaran.

Saat puncak arus balik pada H +4, jumlah pergerakan per hari rata-rata 73.500 pergerakan penumpang atau ada kenaikan 15 persen dibanding tahun lalu.

"Jumlah arus mudik dan balik di Bandara Juanda Surabaya ini sangat besar. Bahkan jika dibandingkan jumlah total penumpang di Semarang plus Solo plus Jogja masih tetap banyak di sini, namun demikian kita lihat pergerakan penumpang dan pesawatnya masih lancar," ujar Agus saat mengadakan kunjungan kerja di bandara tersebut, Jumat (22/6/2018).

(Baca: Puncak Arus Balik Kedua Diprediksi Terjadi pada Hari Minggu)

Menurut dia, secara total nasional hingga H+4 sudah 60 persen penumpang yang sudah balik. Sisanya kemungkinan balik pada akhir pekan ini atau Senin (25/6/2018) pagi.

Untuk itu, Agus tetap menginstruksikan pengelola bandara dan stakeholder lain untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk penumpang yang hendak kembali usai berlibur.

Bandara Juanda mesti diperluas

Suasana pintu keberangkatan di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Senin (14/5/2018) siang pukul 14.33 WIB.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Suasana pintu keberangkatan di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Senin (14/5/2018) siang pukul 14.33 WIB.

Dari segi kapasitas terminal di Bandara Internasional Juanda memang sudah terlampaui oleh jumlah penumpang yang ada.

Kapasitas penumpang bandara ini sekitar 12,5 juta penumpang per tahun. Pada Lebaran kali ini, jumlah penumpang sudah melebihi 21 juta orang atau 2 kali lipat kapasitas tampung bandara.

Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan meminta PT Angkasa Pura I selaku pengelola bandara untuk segera memperluas dan memperbesar kapasitas bandara ini.

"Bandara dan tempat parkirnya sebenarnya sudah luas tapi masih kelihatan penuh karena memang penumpangnya banyak. Dan di Surabaya ini karakteristiknya itu banyak yang mengantar penumpang, beda dengan bandara yang lain," ujar Agus.

Paling tepat waktu

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso saat memaparkan perkembangan penerbangan Indonesia di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (23/3/2018). Dari hasil audit Dewan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) pada 2017 lalu performa navigasi Indonesia mendapat nilai sangat baik mencapai 86 persen, berada di atas rata-rata global yakni 60,7 persen.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso saat memaparkan perkembangan penerbangan Indonesia di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (23/3/2018). Dari hasil audit Dewan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) pada 2017 lalu performa navigasi Indonesia mendapat nilai sangat baik mencapai 86 persen, berada di atas rata-rata global yakni 60,7 persen.

Berdasarkan laporan sementara dari AirNav Indonesia, Bandara Juanda menduduki peringkat tertinggi dalam hal ketepatan waktu.

Keterlambatan penerbangan di bandara ini tidak lebih dari 30 menit.

Selain layanan penerbangan, keselamatan dan keamanan Bandara Juanda juga sangat baik berkat sinergi otoritas bandar udara, AirNav, maskapai, dan AP I.

Ketepatan waktu maskapai

Penumpang pesawat antre chek in di terminal domestik Bandara Internasional Juanda SurabayaKOMPAS.com/Achmad Faizal Penumpang pesawat antre chek in di terminal domestik Bandara Internasional Juanda Surabaya

Selain itu, Agus juga berpesan agar maskapai penerbangan memperhatikan tingkat ketepatan waktu. Sejauh ini, tingkat ketepatan waktu keberangkatan maskapai sudah membaik.

Hingga saat ini OTP terbaik maskapai diraih oleh Batik Air yaitu di atas 91 persen. Posisi selanjutnya yakni Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, AirAsia, dan NAM Air.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com