Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Dorong Saudagar Manfaatkan E-Commerce

Kompas.com - 25/06/2018, 09:39 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

MAKASSAR, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta para saudagar Bugis Makassar memanfaatkan bisnis e-commerce untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya ke depan.

Menurut dia, dunia usaha telah mengalami perubahan sistem ke online sehingga para pedagang termasuk saudagar Bugis Makassar bisa mengikuti arus perubahan tersebut.

"Dunia usaha akan berubah sistemnya namun orang tetap butuh fisik (khususnya untuk kebutuhan primer) seperti tetap butuh pakaian, beras dan sebagainya. Maka para saudagar harus belajar dari semua ini," kata Wapres dalam Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) Ke-XVIII di Makassar, Minggu (24/6/2018).

Wapres menyebutkan, kehadiran teknologi canggih yang disusul dengan berkembangnya bisnis e-commerce memang patut menjadi perhatian.

Baca juga: Kadin Ajak Saudagar Bugis Ikut Program Tax Amnesty

JK meminta agar para saudagar bisa belajar dan manfaatkan kemudahan teknologi itu untuk memajukan usahanya ke depan.

"Para pedagang tentu akan tersaingi dengan sistem online. Jadi kita harus belajar. Jika tidak ikut maka usahanya akan makin sepi," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga mengingatkan kembali kepada seluruh saudagar yang hadir untuk memberdayakan pertemuan tahunan ini bukan hanya sekedar kumpul-kumpul, tetapi dapat menciptakan sinergi dan berbagi pengalaman sehingga jaringan, semangat, dan sinergi tetap terjaga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com