Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet dan Wisatawan Bisa Nikmati Bus Wisata Gratis Selama Asian Games

Kompas.com - 26/06/2018, 14:00 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Asian Games 2018 yang akan digelar 18 Agustus hingga 2 September 2018 bakal menjadi ajang promosi pariwisata Kota Jakarta.

Atlet dan wisatawan mancanegara dapat menikmati seluk beluk kota yang genap berumur 491 tahun pada 2018 dengan bus wisata gratis.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan seluruh unit bus wisata untuk mengangkut wisatawan maupun atlet untuk berkeliling Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, tak hanya wisata kota, nantinya ada wisata sejarah, wisata belanja, serta wisata hiburan dan seni budaya.

(Baca: Ganjil-Genap saat Asian Games Dibuat 15 Jam Sehari)

"Kita sudah siapkan bus yang mengangkut dan sudah dijadwalkan," ujar Andri di Jakarta, Selasa (26/6/2018).

Bus transjakarta Tanah Abang explorer kembali beroperasi. Mulai Sabtu (3/2/2018), waktu operasional bus akan dimulai pukul 08.00-15.00 Wib.Kompas.com/David Oliver Purba Bus transjakarta Tanah Abang explorer kembali beroperasi. Mulai Sabtu (3/2/2018), waktu operasional bus akan dimulai pukul 08.00-15.00 Wib.

Pemerintah DKI Jakarta menyiapkan 25 bus yang berkeliling sesuai jadwal wisata yang telah ditetapkan. Setiap hari, jadwal dan tema wisata berganti. Rute bus wisata pun mengikuti jadwal tersebut.

Misalnya, untuk wisata budaya, bus akan berkeliling daerah khas Betawi. Sementara, untuk tema wisata seni budaya, bus gratis akan membawa wisatawan ke museum.

"Kita siapkan nanti di titik-titik mana yang kita angkut," kata Andri.

Bus wisata gratis untuk Asian Games 2018 mulai beroperasi pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Layanan angkutan umum melalui bus wisata tersebut sekaligus menunjang program pemerintah untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi di Jakarta selama Asian Games 2018 berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com