Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moeldoko Ungkap Lima Kesulitan yang Dihadapi Petani Indonesia

Kompas.com - 28/06/2018, 15:46 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Moeldoko mengatakan, petani Indonesia saat ini mengalami sejumlah permasalahan untuk meningatkan produktivitas pertaniannya.

Permasalahan yang pertama, kata Moeldoko, terletak di persoalan lahan. Menurut dia, saat ini para petani kesulitan meningkatkan produktivitasnya karena keterbatasan lahan.

"Lahan yang kecil itu juga rusak karena penggunaan pestisida dan pupuk anorganik yang berlebihan," ujar Moeldoko di JCC Senayan, Kamis (28/6/2018).

Moeldoko menambahkan, permasalahan lainnya yang harus dihadapi petani adalah akses permodalan. Menurut dia, saat ini para petani masih sulit mengakses perbankan untuk membantu mereka dalam permodalan.

Baca juga: Dollar AS Menguat, Harga Biji Kopi di Tingkat Petani Naik

"Petani kita tidak terbiasa berhubungan dengan perbankan, walau Pemerintah sudah punya KUR," kata Moeldoko.

Selanjutnya kata Moeldoko, para petani di Indonesia juga kesulitan dalam hal teknologi, managerial dan pengolaan pasca panen.

"Lima persoalan ini merupakan suatu kesatuan yang perlu dipecahkan secara bersama-sama, tidak bisa hanya dipecahkan satu per satu," ucap dia.

Kompas TV Moeldoko aktif di Hanura, HKTI, dan pernah menjabat posisi tertinggi di TNI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com