Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEI Siap Bina "Start Up" hingga Bisa Melantai

Kompas.com - 29/06/2018, 21:40 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia memberi kesempatan bagi perusahaan rintisan (start up) supaya bisa melantai di pasar saham. BEI akan melakukan edukasi terlebih dahulu hingga perusahaan rintisan itu memang siap melakukan go public.

Direktur Penilaian Perusahaan I Gde Nyoman Yetna Setia mengibaratkan start up sebagai bibit yang butuh waktu untuk tumbuh.

"Start up kami beri kesempatan untuk jadi member di kita, tapi dalam konteks mengedukasi. Mereka kan bibit yang perlu waktu mereka bisa berkembang dan jadi perusahaan tercatat," ujar Nyoman di Main Hall BEI, Jakarta, Jumat (29/6/2018).

Pembinaan start up merupakan salah satu strategi BEI untuk mengakselerasi jumlah perusahaan tercatat dan investor. Nyoman menyadari prosesnya tidak bisa instan sehingga perlu ada pembinaan.

Baca juga: BEI Sebut Go-Jek Lebih Mudah Masuk Bursa dengan IPO daripada Backdoor Listing

Dari proses tersebut akan dilihat apakah perusahaan tersebut memiliki potensi menjadi besar atau stagnan.

"Siapa tahu dalam inkubator, dua atau tiga tahun mereka jadi perusahaan yang siap untuk tercatat. Maka dari pembibitan kita berikan perhatian," kata Nyoman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com