Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Naik, Volume Perdagangan Produk Perikanan Terkerek

Kompas.com - 02/07/2018, 08:29 WIB
Kurniasih Budi

Editor

Sumber KONTAN

JAKARTA, KOMPAS.com - Volume perdagangan ikan Indonesia pada kuartal II-2018 mengalami kenaikan signifikan dibandingkan periode sama tahun lalu.

Berdasarkan data Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), volumen perdagangan produk perikanan mati mencapai 517.951 ton naik 7,77 persen dan produk perikanan hidup tercatat sebanyak 10,8 miliar ekor atau naik 6,87 persen (year on year).

Kepala Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Rini mengatakan kenaikan volume perdagangan tersebut terlihat relatif merata di seluruh daerah Indonesia sebab terjadi peningkatan permintaan produk-produk perikanan Indonesia untuk pasar dalam maupun luar negeri.

"Kualitas kita sudah sesuai dengan permintaan dan berada di harga yang tepat," kata Rini dilansir Kontan.co.id, Minggu (1/7/2018).

(Baca: Menteri Susi: Dari Sertifikasi, Tuna Indonesia Bisa Mendapatkan Harga Premium)

Menurutnya, dari kebanyakan produk yang diekspor, komoditas udang menduduki posisi tertinggi.

Rini menambahkan, adapun volume perdagangan produk ikan mati sebanyak 7,77 persen dan perdagangan ikan hidup sebanyak 6,87 persen sudah termasuk dalam capaian ekspor dan lintas dalam negeri.

Pendapatan naik

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT Perikanan Nusantara (Perinus) Dendi Anggi Gumilang mengaku industri ikan memang sedang meningkat.

Hingga tengah tahun, pendapatan perusahaan plat merah ini telah tercatat di kisaran Rp 480 miliar atau sudah hampir separuh dari target pendapatan tahunan Rp 1,1 triliun.

Adapun fokus Perinus saat ini masih di perdagangan ikan dalam negeri, namun Dendi tidak menutup kemungkinan untuk ekspor salah satu langkahnya adalah dengan berencana untuk menambah alat produksi kapal tangkap dan alat tampung perusahaan.

"Target tahun ini volume tangkap akan naik, sekarang kami sedang proses pembuatan kapal baru sebanyak hampir 5 kapal," kata dia.

Menurut dia, lima kapal tersebut memiliki ukuran bervariasi dari besaran 30 Gross Tonnage (GT) hingga 150 Gt. (Tane Hadiyantono/ Yudho Winarto)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Volume perdagangan ikan Indonesia kuartal II-2018 naik 7%

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KONTAN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com