Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuisisi Pertagas, PGN Tak Lagi Punya Kompetitor

Kompas.com - 04/07/2018, 06:07 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mengakuisisi 51 persen saham PT Pertamina Gas (Pertagas). Dengan demikian, sebagian operasional Pertagas akan dikelola PGN, termasuk jaringan pelanggan.

Direktur Keuangan PGN Said Reza Pahlevy mengatakan, selama ini perseroan dan Pertagas bersaing mendapatkan pelanggan dalam menyuplai gas.

"Potensi ke depan bisnis gas itu, untuk PGN terutama, tidak akan lagi ada head to head sama Pertagas. Kompetisi sudah hilang," ujar Reza di Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Reza mengatakan, PGN belum dapat memprediksi berapa capaian yang akan diperoleh dari akuisisi Pertagas. Namun, ia meyakini integrasi PGN dan Pertagas memiliki potensi yang besar.

"Market dia (Pertagas) nanti jadi market kami juga," kata Reza.

Saat ini Pertagas hanya memiliki 100-an pelanggan yang rata-rata dari industri. Hal ini memudahkan PGN mengambil alih pelanggan Pertagas menjadi pelanggan PGN yang jumlahnya jauh lebih besar.

"Kalau PGN punya ratusan ribu pelanggan," kata Reza.

Sementara itu, Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan, langkah selanjutnya setelah akuisisi adalah melebur pasar PGN dan Pertagas. Nantinya akan ada penugasan produk tertentu yang akan dijalankan bersama.

"Pertagas Niaga akan kita tarik dan kita lebur," kata Jobi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com