Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Rini Sebut Jadi Dirut BUMN Lebih Berat Dibanding Dirut Swasta

Kompas.com - 04/07/2018, 11:52 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan bahwa para direktur utama (dirut) perusahaan BUMN mengemban tugas lebih berat dibandingkan dirut perusahaan swasta.

"Jadi dirut BUMN itu lebih berat dibandingkan perusahaan swasta. Mohon maaf kalau di sini ada dirut swasta karena memang dirut BUMN selain harus mencetak keuntungan bagi perusahaan, tetapi juga harus berperan sebagai agen pembangunan," kata Rini saat menyampaikan keynote speech dalam Leadership Forum di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Rini menyebut bahwa para dirut perusahaan BUMN harus bisa melaksanakan tanggung jawab ganda tersebut.

Oleh karenanya, ada beberapa pergantian dirut di tubuh perusahaan BUMN lantaran dianggap tidak mampu menjalankan dua tanggung jawab itu.

"Ada beberapa yang memang capable mencetak untung tapi enggak bisa jadi agen pembangunan, itu enggak bisa. Di dalam kamus BUMN enggak ada seperti itu," imbuh Rini.

Untuk itu, Rini mengapresiasi seluruh dirut perusahaan BUMN saat ini lantaran mampu menjalankan dua buah peran yang cukup berat tersebut.

"Saya sangat bangga dengan direksi sekarang karena mereka sadar harus bertransformasi karena memang sekarang dirut itu menghadapi banyak tantangan dan Insya Allah ke depannya dirut-dirut ini bisa jadi pemimping bangsa yang baik," ujar Rini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com