Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapkan Implementasi Industri 4.0, Kapasitas SDM Mutlak Ditingkatkan

Kompas.com - 08/07/2018, 06:02 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah membuat peta jalan atau road map "Making Indonesia 4.0" untuk mengantisipasi segala perubahan yang terjadi pada Revolusi Industri 4.0.

Namun, peta jalan itu tak serta merta membuat pemerintah dengan mudah bisa menerapkan  industri 4.0 di seluruh industri dalam negeri.

Pakar inovasi sekaligus ekonom dari Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal Hastadi menyatakan pemerintah harus fokus menangani aspek paling krusial dalam implementasi industri 4.0, yakni sumber daya manusia (SDM).

"Bahwa kalau bicara revolusi industri 4.0 salah satu kelemahan atau tantangan terbesarnya adalah banyak tenaga kerja kita yang enggak kompatibel dan kalau dibiatkan nanti jadinya akan terjadi pengangguran besar-besaran," ucap Fithra saat ditemui di Jakarta, Sabtu (7/7/2018).

Baca juga: Pemerintah Ajak Swasta Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja

Menurut dia, peningkatan kapasitas atau kemampuan SDM perlu dilakukam. Pasalnya, 70 persen SDM Indonesia hanya bermodalkan pendidikan SMA ke bawah, sementara lulusan SMK banyak yang belum siap kerja.

"Tetapi kalau bicara peningkatan kapasitas, enggak bisa bicara monopoli pemerintah saja karena pemerintah kan punya kemampuan terbatas, anggarannya terbatas. Makanya memang butuh kolaborasi pihak universitas, komunitas, dan industri untuk sama-sama meningkatkan kapasitas SDM ini sebab kalau tidak ya mereka enggak akan bisa bersaing," jelas Fithra.

Peningkatan kapasitas SDM ini juga terkait langsung dengan bonus demografi yang bakal didapat Indonesia pada 2030 mendatang.

Keberadaan SDM dengan ditambah usia masih produktif diprediksi bakal membuat implementasi industri 4.0 di dalam negeri semakin mudah dilakukan.

Baca juga: Kemenperin Tingkatkan SDM Hadapi Revolusi Industri 4.0

Di sisi lain, Fithra meyakini bahwa Indonesia sudah semestinya siap menghadapi industri 4.0 sebab revolusi jenis ini sudah berulang kali terjadi.

"Dalam rentang yang tidak lebih dari 100 tahun kita sudah menghadapi versi revolusi industri hingga 4.0. Maka dari itu kita jangan kalah dari pendatang baru," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com