Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disokong Kredit Konsumsi, Kredit BCA Semester I Diprediksi Tumbuh 13 Persen

Kompas.com - 10/07/2018, 05:29 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menargetkan pertumbuhan kredit semester I berada di kisaran 12 hingga 13 persen. Pertumbuhan kredit ini disebabkan masih tingginya kredit konsumsi yang pada semester I ini berada di kisaran 8 hingga 10 persen.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaadmadja mengharap, hingga akhir tahun total pertumbuhan kredit BCA bisa melampaui industri perbankan secara keseluruhan.

"Yang lalu (pertumbuhan kredit) net sekitar 10 persen, semester satu sekitar 8 sampai 10 persen growth consumer. Total (pertumbuhan kredit) mencapai 12-13 persen. Harusnya di atas industri, tapi belum tahu industri berapa," ujar Jahja ketika ditemui awak media di Menara BCA, Senin (9/7/2018).

Meski berpotensi tumbuh melebihi target, namun Jahja menegaskan BCA belum akan merevisi Rancangan Bisnis Bank (RBB) yang menargetkan pertumbuhan kredit hingga akhir tahun di posisi 10 persen.

Sebab, pihaknya tak bisa memroyeksikan kebutuhan dan daya beli masyarakat yang pergerakannya cenderung fluktuatif belakangan ini.

"Masih sukar diprediksi, kenaikan bunga sampai berapa dan dampaknya belum bisa diprediksi. RBB (rencana bisnis bank) sekitar itu (10 persen). Tahun lalu sekitar 9 hingga 10 persen tapi bisa 12,5 persen (akhir tahun ini)," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com