Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT SMI Jadi Emiten Pertama yang Terbitkan Green Bound

Kompas.com - 10/07/2018, 12:41 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) mencatatkan efek bersifat utang berwawasan lingkungan (Green Bond) (10/7/2018) di Bursa Efek Indonesia.

Penerbitan obligasi tersebut menjadikan PT SMI sebagai emiten pertama di Indonesia yang menerbitkan Green Bond. Hal tersebut berkaitan dengan Penawawan Umun Berkelanjutan (PUB) Green Bound senilai Rp 3 triliun dengan nilai emisi sebesar Rp 500 miliar pada Tahap I tahun 2018.

Lebih lanjut Emma menyebutkan, bahwa dalam penerbitan obligasi ini, meskipun periode book building sangat singkat dan terpotong libur panjang lebaran, permintaan yang masuk memenuhi target yang diharapkan sebesar Rp 1 triliun.

"Selama masa penawaran best effort, terdapat tambahan permintaan Green Bound sebesar Rp 145 miliar, sehingga total emisi tahap I menjadi Rp 500 miliar," Emma menambahkan.

Menurut Emma, rencana awal jumlah pokok diperkirakan sebesar Rp 1 triliun untuk Green Bond, menjadi Rp 500 miliar karena investor ingin timbal hasil yang tinggi.

"Memperhatikan underline, penawaran yg masuk Rp 1 triliun, hanya sebagian investor ingin imbal hasil yg tinggi," ujar Emma.

Selain Green Bound, PT SMI juga menerbitkan Sukuk Mudharabah berkelanjutan tahap I tahun 2018 dengan nilai emisi Rp 1 triliun. PT SMI telah memberikan pembiayaan berbasih syariah sejak tahun 2017.

Hal tersebut membuat PT SMI berkomitmen untuk mendorong masuknya pelaku pasar syariah dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Ketika di singgung rencana akan menambah emisi tahun ini, Emma mengungkapka misi tahap I ini lebih untuk mengaktifkan fasilitas PUB, sedangkan untuk emisi-emisi selanjutnya dapat dilakukan setiap saat pada kondisi yang lebih kondusif melalui fasilitas PUB sebesar Rp 3 triliun.

"Jika kebutuhan underline lebih cepat bisa jadi akan ada isu (emisi) lagi secara bertahap. Sesuaikan dengan progres," ujar Emma.

Oleh Pefindo, obligasi Green Bond maupun sukuk Mudharabah PT SMI ini mendapat peringkat AAA.

Peringkat AAA sendiri adalah peringkat tertinggi yang diberikan oleh Pefindo. Kemampuan obligor untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka panjang atas efek utang dibandingkan obligor Indonesia lainnya adalah superior.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com