Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Lebih Berkembang Jika Bersinergi Baik dengan Pemerintah

Kompas.com - 11/07/2018, 08:37 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dukungan pemerintah untuk UMKM di Indonesia masih jauh dari cukup.

Sinergi BUMN kepada pelaku UMKM swasta dinilai kurang berpihak. Padahal para pelaku UMKM membutuhkan dukungan dan sinergi yang baik dengan pemerintah.

"Sinergi pemerintah dan UMKM dalam melakukan kegiatan usaha selama ini dinilai hanya terbatas di lingkungan perusahaan, anak perusahaan, dan cucu usaha BUMN," ujar Ketua Umum DPP  Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Suryani Motik, Selasa (10/7/2018).

Menurut dia, sinergi BUMN yang dinilai kurang berpihak berakibat pelaku UMKM jadi kehilangan pasar dan akses kerja sama.

Baca juga: UMKM Mampu Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Suryani menjelaskan, jika pemerintah dan pelaku usaha UMKM dapat terus bersinergi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi maka kesejahteraan bersama dapat tercapai.

“Artinya, kebijakan pemerintah harus bisa memberikan peluang kepada UMKM. Mulai dari pasar, APBN, dan APBD UMKM mesti dikasih kesempatan. Kemudian produk-produk yang sudah dibuat dapat dipasarkan secara maksimal dengan kerja sama. Regulasi larangan impor (untuk produk asing) harus ada,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com