Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

REI Pusat Sambut Positif Relaksasi LTV

Kompas.com - 12/07/2018, 14:48 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata menyambut baik kebijakan relaksasi loan to value (LTV) kredit perumahan yang akan berlaku awal Agustus mendatang.

Soelaeman yang karib disapa Eman tersebut meyakini bahwa relaksasi LTV ini bisa berdampak besar pada perkembangan industri properti ke depannya.

"Saya sambut positif adanya pelonggaran LTV yang dilakukan BI. LTV salah satu produk regulasi, bergerak di sektor perbankan untuk rumah dan apartemen komersial. Jadi ini sangat berpengaruh," kata Eman di Hotel Shangrila, Jakarta, Kamis (12/7/ 2018).

Eman menambahkan, dengan adanya pelonggaran LTV tersebut, maka para developer atau pengembang jadi memiliki tambahan waktu guna memperoleh kestabilan bunga kredit konstruksi.

Baca juga: BI Longgarkan LTV, Pembeli Rumah Pertama Bisa Bebas Uang Muka

Imbasnya lanjut Eman, muncul potensi industri properti dapat bertambah dalam beberapa waktu ke depan.

Relaksasi LTV sendiri dianggap Eman bukan menjadi satu-satunya motor penggerak industri properti. Dia menyatakan bahwa pada dasarnya, pertumbuhan dan perkembangan industri properti juga turut dipengaruhi oleh perbankan, pertahanan dan perpajakan.

Maka dari itu, setiap sentimen positif memberikan dampak besar bagi pengembang.

"Bayangkan di kami ada 5.200 anggota. Itu campur, tidak hanya pengembang perumahan, tapi ada hotel, apartemen dan lainnya. Yang mempengaruhi properti juga banyak, tidak hanya dari satu hal saja," sambung Eman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com