Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Dorong Swasta Kolaborasi Bangun Bandara dan Pelabuhan

Kompas.com - 12/07/2018, 16:23 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong pihak swasta untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam membangun pelabuhan dan bandara di Indonesia.

"Secara sistematis Kemenhub memberikan kesempatan kepada swasta mengembangkan pelabuhan, bandara-bandara, juga untuk membangun infrastruktur," ujar Budi di kantornya, Kamis (12/7/2018).

Budi menambahkan, pemerintah perlu berkolaborasi dengan swasta untuk membangun infrastruktur.

Dengan bekerja sama dengan swasta akan menghemat anggaran pemerintah pusat maupun daerah dalam mengembangkan pembangunan.

Baca juga: Pemerintah Akan Bangun 10 Bandara Baru

"Swasta dibutuhkan suatu kolaborasi dengan pemerintah agar dana pemerintah yang dialokasikan kepada Kemenhub bisa digunaan untuk membangun pelabuhan di ujung-ujung," kata Budi.

Sebelumnya, Budi mengatakan, anggaran Kementerian Perhubungan untuk pembangunan tersebut dalam lima tahun tak lebih dari Rp 500 triliun.

Sementara itu untuk mengoptimalkan konektivitas Indonesia sebagai negara kepulauan, butuh dana hingga empat kali lipat dari itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com