Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Kucurkan Dana Rp 1,6 Triliun Untuk Jalan Tol Ruas Manado-Bitung

Kompas.com - 17/07/2018, 19:05 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) turut membiayai Proyek Jalan Tol Ruas Manado - Bitung yang hak pengelolaannya dipegang oleh PT Jasamarga Manado Bitung (JMB).

Dukungan BNI terhadap proyek pembangunan jalan tol pertama di Provinsi Sulawesi Utara sepanjang 39,9 km ini dengan memberikan tambahan fasilitas Kredit Modal Kerja (KMK) Dana Talangan Tanah (DTT) sebesar maksimum Rp 623,56 miliar.

Penandatanganan kerja sama antara BNI dan PT JMB mengenai Perjanjian Kredit Tambahan untuk fasilitas KMK DTT yang dilaksanakan di Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Fasilitas KMK DTT ini turut diberikan oleh anak perusahaan BNI yaitu BNI Syariah. Sedangkan fasilitas kredit investasi yang diberikan merupakan hasil sindikasi dari BNI, Bank Mandiri, BCA, PT Sarana Multi Infrastuktur, ICBC Indonesia, BPD Sulselbar, BPD Riau, dan juga Bank Jateng.

Selain KMK DTT, BNI juga ikut dalam pembiayaan sindikasi kredit investasi yakni sebesar Rp 652 miliar atau setara 18,2 persen dari porsi sindikasi perbankan yang mencapai Rp 3,59 triliun. Ruas tol Manado-Bitung ini memiliki masa konsesi selama 40 tahun.

General Manager Divisi BUMN & Institusi Pemerintah (BIN) BNI A.A.G. Agung Dharmawan menuturkan bahwa BNI menambahkan Fasilitas KMK DTT untuk proyek tersebut sebesar Rp 623 miliar, sehingga angka keseluruhannya menjadi sebesar Rp 992 miliar.

Apabila ditambahkan dengan fasilitas KI dari BNI, PT JMB mendapatkan total fasilitas sebesar Rp 1,6 triliun.

“Tidak hanya kepada Jasamarga Manado Bitung, BNI juga turut memenuhi kebutuhan pembiayaan dari Jasa Marga Group secara keseluruhan. Dalam upaya mendukung pembiayaan infrastruktur di Indonesia, BNI telah menyiapkan tambahan fasilitas hingga Rp 6 triliun. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang sangat memperhatikan pembangunan infrastruktur di area luar Jawa, termasuk Pulau Sulawesi. Diharapkan, Jalan Tol Ruas Manado-Bitung meningkatkan akses bagi masyarakat Indonesia yang lebih luas,” ujar Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com