Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Haji, Pertamina Tingkatkan Distribusi Avtur di 12 Embarkasi Haji

Kompas.com - 18/07/2018, 10:25 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) meningkatkan penyaluran avtur di 12 embarkasi haji. Hal itu guna memastikan pasokan avtur tetap terjaga selama periode keberangkatan jamaah haji yang dimulai pada 17 Juli 2018.

“Penyaluran avtur selama musim haji akan diberikan perhatian khusus agar masyarakat yang ingin berangkat ke tanah suci dapat terbang dengan lancar, aman, dan nyaman,” kata VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/7/2018).

Adapun peningkatan distribusi avtur dilakukan hingga tiga bulan ke depan. Adiatma menyatakan bahwa rata-rata penyaluran avtur pada Juli meningkat 8,5 persen dari 15.000 KL per hari menjadi sekitar 16.900 KL per hari.

Peningkatan distribusi juga dilakukan pada Agustus. Biasanya Pertamina menyalurkan avtur nasional pada bulan tersebut sebesar 15.000 KL per hari.

Namun, untuk penerbangan haji jumlah tersebut ditambah enam persen menjadi 16.500 KL per hari.

"Sementara pada bulan September peningkatannya sebesar 4,8 persen dari rata-rata harian 15.600 KL per hari menjadi 16.000 KL per hari," imbuh Adiatma.

Adiatma menjelaskan ada 12 embarkasi haji di Indonesia yang akan menjadi titik penyaluran avtur, yakni Bandara Kuala Namu Medan Sumatera Utara (KNO), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM), Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng (CGK), Bandara Juanda Surabaya ( SUB), dan Bandara Hasanudin Makassar (UPG).

Selain itu, peningkatan juga dilakukan di Bandara Sepinggan Balikpapan (BPN), Bandara Minangkabau Padang (PDG), Bandara Hang Nadim Batam (BTH), Bandara Solo Adi Soemarmo (SOC), Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin (BDJ), Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh (BTJ) dan Bandara Lombok Praya di Lombok (LOP).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com