Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Lokasi Penjualan Telur Seharga Rp 19.500 Per Kilogram

Kompas.com - 19/07/2018, 15:31 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian menggelar operasi pasar untuk menurunkan harga telur ayam di pasaran.

Dalam operasi pasar yang digelar di 43 pasar dan enam perumahan di kawasan Jabodetabek, harga telur yang dijual seharga Rp 19.500 per kilogram.

Adapun lokasi penjualan telur ayam murah ini tersebar di Toko Tani Indonesia (TTI) Center, Pasar Baru Metro Atom, Pasar Cibubur, Pasar Tebet Barat, Pasar Rawamangun, Pasar Cempaka Putih, Pasar Cijantung, Pasar Mampang Prapatan, Pasar Ciplak, Pasar Jembatan Lima, Pasar Gondangdia, Pasar Rumput, Pasar Grogol, Kalibaru, Klender.

Kemudian di Tanah Abang, Pos Pengumben, Mayestik, Johar Baru, Pasar Induk Kramat Jati, Cipete Selatan, Paseban, Rawa Badak, Palmeriam, Glodok, Pasar Minggu dan Kelapa Gading.

Baca juga: Harga Telur Ayam Meroket, Ada Apa Sebenarnya?

Lalu operasi pasar juga dilakukan di Kebayoran Lama, Pluit, Petojo Ilir, Pulogadung, Pramuka, Lenteng Agung, Ujung Menteng, Cengkareng, Santa, Pademangan Timur, Pasanggrahan, Perumahan Astri Permai Citayam, PKK Kelurahan Rawa Badak, Kecamatan Mampang, Perumahan Jatisari Bekasi, Kecamatan Tebet, dan Pasar Tomang Barat.

"Hari ini kita sudah sepakat, kami minta hanya dari kemarin sore setelah sidang kabinet seluruh produsen guyur pasar harga Rp 19.500. Kita kirim kurang lebih 100 ton ke Jabodetabek," ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di TTI Center, Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Amran menambahkan, rencananya operasi pasar ini juga akan dilakukan di kota-kota besar di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan hingga haga telur kembali normal di pasaran.

"Kita udah sepakat dan surat edaran sudah dijalankan. Ini langsung bergerak seluruh Indonesia," kata Amran.

Berdasarkan data Direktorat Pemasaran dan Pengolahan Hasil Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, harga terendah telur di kandang peternak Jawa Timur Rp 19.500 per kilogram, di Jawa Tengah Rp 19.000 per kilogram.

Sedangkan harga tertinggi di Bodetabek Rp 22.000 per kilogram. Sementara menurut data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis, pada Rabu (18/7/2018), tercatat harga telur di provinsi DKI Jakarta berada di kisaran Rp 28.650 per kilogram. Harga tertinggi di Provinsi Maluku Utara mencapai Rp 36.550 per kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com