Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iriana Joko Widodo Buka Pameran Karya Kreatif Indonesia 2018

Kompas.com - 20/07/2018, 10:59 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia menggelar acara Karya Kreatif Indonesia 2018 untuk ketiga kalinya. Acara tersebut berupa pameran kain dan kerajinan karya UMKM binaan BI.

Turut hadir Gubernur BI Perry Warjiyo, ibu negara Iriana Joko Widodo dan istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla.

Dalam sambutannya, Iriana menyampaikan bahwa UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia. UMKM banyak menyedot tenaga kerja sehingga menjadi energi penggerak ekonomi daerah.

"UMKM harus terus meningkatkan kreatifitas, memahami selera pasar, dan memahami metode permasalahan," ujar Iriana dalam sambutannya di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Iriana penasaran seberapa besar pengaruh BI dalam membina UMKM. Ia memanggil pemilik usaha binaan BI yang belum melakukan ekspor untuk naik ke atas panggung. Kemudian, seorang perempuan pemilik UMKM kain tapis Lampung maju ke depan.

Pemilik Nurbaeti Tapis itu mengaku sudah membuat kain tapis sejak kelas 5 SD. Setelah BI berkunjung ke desanya, ia mulai percaya diri membuka usaha sendiri. Hingga saat ini, ia sudah memiliki 30 pekerja di desa Pesawaran di Lampung dan lebih banyak pekerja dari luar desa.

"Kemarin hasil karya saya menang lomba nasional," kata dia.

Ternyata, usaha kain taois itu dimodalinya sendiri.

"Tadi bisik-bisik, saya tanya dimodalin berapa? Katanya belum dikasih modal. Berarti ibu ini sudah mampu bekerja sendiri," kata Iriana.

Sambutan Iriana sekaligus membuka pameran Karya Kreatif Indonesia 2018. Pembukaan ditandai dengan penabuhan gondang batak oleh Iriana, Mufidah, Perry, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com