Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Inovasi Industri, Kemenperin Gelar Innofest ID 2018

Kompas.com - 24/07/2018, 13:08 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar Innofest ID 2018 dalam rangka implementasi Making Indonesia 4.0. Acara itu  menghadirkan asosiasi dan pelaku industri nasional, terutama pengguna teknologi industri 4.0.

Kepala BPPI Kemenperin Ngakan Timur Antara menyebutkan, melalui kegiatan itu Kemenperin ingin mendorong pembangunan ekosistem inovasi di sektor industri.

“Dalam perwujudan ekosistem inovasi, ada beberapa ruang lingkup yang harus terus diupayakan demi terciptanya inovasi-inovasi di sektor industri, yaitu kegiatan litbang, dukungan finansial, capacity building, dukungan insentif, dukungan regulasi, serta penumbuhan start up,” sebut Ngakan.

Hal tersebut merupakan bagian program internalisasi atau pendalaman pemahaman dan juga salah satu dari 10 agenda strategi nasional dalam implementasi industri 4.0.

Baca juga: Menperin: Industri Kena Pukul Dua Kali Karena Pelemahan Rupiah

Adapun tujuannya adalah mewujudkan Indonesia sebagai negara 10 ekonomi terbesar pada tahun 2030 serta menjadi negara industri tangguh pada tahun 2035.

Pada pembukaan acara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato menyerahkan Penghargaan Rintisan Teknologi Industri (Rintek) kepada 11 perusahaan dalam negeri.

Innofest ID 2018 akan berlangsung sejak Selasa (24/7/2018) hingga Jumat (27/8/2018) di Plasa Kementerian Perindustrian, Jakarta.  Selain pameran dari para pelaku industri, terdapat pula seminar dan business matching.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com