Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Tidak Akan Moratorium Pabrik Semen Baru di Indonesia

Kompas.com - 24/07/2018, 18:54 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian tidak akan melakukan moratorium atau pengehentian sementara izin investasi bagi pabrik semen baru di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengatakan meskipun saat ini semen mengalami oversupply, namun pemerintah tak akan menghentikan izin investasi pabrik semen.

Dia mengatakan, saat ini pemerintah sudah tidak banyak membuat daftar negatif investasi di Indonesia. Justru, dengan adanya morotarium malah akan menambah daftar negatif tersebut.

“Kita sudah tidak membuat banyak negative list, jadi itu (negative list) hanya akan menambah daftar,” ajar Airlangga.

Persoalan oversupply ini menurut dia salah satunya dapat diatasi dengan mendorong permintaan pasar. “Demand-nya tentu didorong karena ini ada over-investasi,” Dia menambahkan.

Saat ini pasar semen domestik mengalami kelebihan pasokan. Diproyeksikan, kapasitas produksi industri semen di dalam negeri mencapai 100 juta ton, sementara konsumsi hanya sekitar 60-68 juta ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com