Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Darmin: Indonesia Potensial Jadi Pemain Kunci Ekonomi Syariah Global

Kompas.com - 25/07/2018, 12:10 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pemain kunci dalam perkembangan ekonomi syariah global.

Potensi tersebut dapat dilihat dari populasi penduduk muslim Indonesia. Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar dunia, pangsa pasar yang bisa diraih oleh Indonesia adalah sekitar 12,7 persen dari total populasi dunia.

"Dengan jumlah penduduk sebesar itu, Indonesia tentu saja dengan sendirinya punya potensi besar untuk menjadi pemain kunci dalam pengembangan ekonomi syariah secara global," jelas Darmin saat menyampaikan pidatonya sebelum membuka High Level Discussion Indonesia: Pusat Ekonomi Islam Dunia, di Kementerian PPN, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Besarnya potensi Indonesia sebagai pemain kunci ekonomi syariah secara global juga ditunjukkan pada berbagai kegiatan di sektor riil dan industri syariahnya.

"Kita ini pangsa penduduk muslim dunia, dari sisi pengeluaran secara global itu kira-kira mencapai 12 persen dari pengeluaran global pada 2016. Pangsa itu diproyeksikan akan naik dari 2,1 triliun dollar AS pada 2016 menjadi 3 triliun dollar AS pada 2022," terang Darmin.

Darmin menambahkan, industri makanan serta minuman halal juga turut memperbesar potensi ekonomi syariah. Konsumsi dan nilai transaksi makanan halal global pada 2016 mencapai 1,2 triliun dollar AS atau 17 persen dari pengeluaran konsumsi makanan secara global.

Industri pariwisata halal juga turut menggambarkan berapa besar potensi pasar ekonomi syariah Indonesia di kancah global. Secara konsumsi, Indonesia menempati peringkat keempat wisata halal dunia dengan tingkat konsumsi mencapai kurang lebih 9,7 miliar dollar AS.

"Maka dari itu, mengingat besarnya pangsa pasar ekonomi riil syariah sudah sepatutnya kita mengembangkan, membangun sinergi sehingga mampu meningkatkan peran pada sekttor-sektor ekonomi riil syariah secara global," sambung Darmin.

Sinergi dari sektor keuangan dan riil dinilai Darmin mampu membuat Indonesia dengan mudah menjadi pihak yang dominal dalam ekonoi syariah secara global.

"Jadi enggak cukup mendorong industri halal saja, tetapi harus ada sinerginya, paling enggak antara produksi barang dan jasa, logistik, serta jaringan," tandas Darmin.

Caption: Menko Perekonomian Darmin Nasution saat membuka High Level Discussion Indonesia: Pusat Ekonomi Islam Dunia, bersama Menteri PPN Bambang Brodjonegoro, Menpar Arief Yahya, dan Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin, di Kementerian PPN, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com