Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kunci Sukses Kembangkan Ekonomi Syariah Ala Gubernur BI

Kompas.com - 25/07/2018, 19:10 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia mengakui bahwa pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia agak lambat. Saat ini porsinya masih sangat kecil dibandingkan perekonomian secara umum. Ekonomi syariah tak hanya soal keuangan syariah, tapi juga industri dan produk-produk halal.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, Indonesia patut berkaca dari negara lain yang berhasil mengembangkan ekonomi syariah seperti negara-negara Islam.

"Kalau dilihat sejumlah kunci sukses negara lain yang sukses mengembangkan ekonomi halal, persyaratan itu sedikit-sedikit bisa dipenuhi," ujar Perry di kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Kunci pertama yakni dukungan penuh pemerintah. Perry memastikan syarat tersebut terpenuhi karena Presiden Joko Widodo pendukung penuh pertumbuhan ekonomi syariah.

Baca juga: Bappenas: Pariwisata Halal Berpotensi Geser Arab dan Malaysia

Kedua, dicanangkan sebagai program nasional. Saat ini, Indonesia sudah memiliki Komite Nasional Keuangan Syariah yang tak hanya fokus pada keuangan syariah. Tahun lalu, KNKS merumuskan konsep strategi untuk industri syariah.

"Kemudian, semoga kita bisa segera membentuk badan khusus yang bisa mengkoordinasikan pengembangan ekonomi keuangan syariah," kata Perry.

Kunci sukses keempat yaitu fokus pada keuntungan kompetitif di Indonesia. Perry mengatakan, produk fashion muslimah berpotensi mendatangkan keuntungan besar.

Menurut dia, setidaknya ada 34 benda di tubuh wanita yang harus dari produk halal. Selain fashion, potensi Inonesia juga terletak pada pariwisata halal yang menjadi salah satu penyumbang devisa negara.

"Artinya, kita fokus pada pengembangan kompetitif kita, halal food, halal fashion, tourism, termausk sektor keuangan," kata Perry.

Terakhir, yang belum terwujud dan menjadi rencana ke depan yakni melakukan strategi nasional. Perry mengatakan, pihak terkait dari kementerian dan lembaga akan dikumpulkan untuk merumuskan strategi agar program-program ekonomi syariah terintegrasi dan sinergis.

"Jadi lima kunci sukses ini yang harus kita lakukan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com