Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Big Start Indonesia: Mencermati "Shifting" Perilaku Konsumen di "E-Commerce"

Kompas.com - 27/07/2018, 13:19 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Shifting atau perubahan perilaku konsumen terlihat jelas melalui perkembangan yang dipantau lewat aktivitas di platform e-commerce.

Blibli.com menangkap fenomena shifting ini sejak awal beroperasi tahun 2011 silam dan terus mengikuti perkembangannya sampai sekarang.

Salah satu yang memperlihatkan fenomena shifting adalah barang-barang yang biasa dibeli di toko secara fisik, kini justru meningkat pembeliannya melalui platform e-commerce.

Hal ini sejalan dengan ulasan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Rhenald Kasali yang sebelumnya membahas tentang disrupsi dan fenomena shifting yang terjadi sampai saat ini.

"Produk seperti fesyen, kuliner yang awalnya konsumen terbiasa beli di toko, sekarang sudah bergeser ke platform e-commerce. Memang ada shifting perilaku pembelian online yang terjadi, khususnya di Blibli.com," kata Senior Marketing Communication and Public Relation Manager Blibli.com, Lani Rahayu, kepada Kompas.com pada Jumat (27/7/2018).

Lani menjelaskan, awalnya produk yang banyak dijual di Blibli.com adalah handphone, alat elektronik, serta aksesorinya. Namun, beberapa tahun terakhir, ragam produk lain semakin banyak diminati konsumen, seperti fesyen, kuliner, hingga pajangan dan dekorasi untuk rumah yang masuk dalam kategori home and living.

Selain dari sisi produk, Lani turut melihat shifting terjadi bukan hanya pada konsumen di kota-kota besar dengan infrastruktur teknologi informasi yang mumpuni, seperti Jakarta dan sekitarnya. Namun, konsumen belanja online justru semakin menyebar hingga ke daerah di luar Pulau Jawa.

"Mulai tahun 2016 kami lihat penetrasi yang belanja online ke Blibli.com banyak signifikan dari luar Jawa. Pertumbuhannya besar banget yang di luar Jawa itu," tutur Lani.

Konsumen pun beralih, dari yang awalnya mengakses e-commerce dari komputer atau laptop kini hampir seluruhnya melalui ponsel atau secara mobile. Hal ini didukung oleh koneksi internet yang makin meluas sampai ke daerah serta tingkat penggunaan smartphone yang semakin tinggi.

Sebagai pelaku usaha e-commerce, Lani mengakui sangat diuntungkan dengan fenomena shifting ini. Senada dengan apa yang disampaikan Rhenald, Lani melihat ke depan shifting akan terus terjadi dan pihaknya perlu terus menerus melakukan evaluasi untuk mencari cara-cara seperti apa yang paling tepat dalam menangkap minat pasar.

Untuk itulah Blibli.com turut mengadakan The Big Start Indonesia Season 3, sebuah kompetisi pencarian pelaku UMKM lokal yang siap bersaing di platform e-commerce dengan mengusung produk kreatif. Dalam kompetisi ini, para peserta akan diberi pelatihan serta pendampingan agar produk mereka bisa laku di e-commerce, melalui platform Blibli.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com