Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disney Rampungkan Akusisi Aset 21st Century Fox Senilai Lebih dari Rp 1.000 Triliun

Kompas.com - 29/07/2018, 08:30 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Walt Disney dan 21st Century Fox menyetujui kesepakatan akuisisi saham perusahaan senilai 71 miliar dollar AS pada pertemuan terpisah Jumat (27/7/2018), yang membuat aset Fox Enterteiment segera diambil alih oleh Disney.

Nilai itu setara dengan Rp 1.029 triliun dengan acuan kurs rupiah Rp 14.500 per dollar AS.

Mengutip Fox Business, Minggu (29/7/2018), Disney mengumumkan kesepakatan untuk membeli sebagian besar aset Fox pada bulan Desember 2017 yang pada awalnya menawarkan 52,4 miliar dollar AS untuk film dan studio televisi Fox, di antara bisnis lainnya.

Setelah Comcast membuat tawaran saingan sebesar 65 miliar dollar AS, Disney menaikkan penawarannya menjadi 71 miliar dollar AS dalam bentuk tunai dan saham.

“Kami sangat senang bahwa pemegang saham kedua perusahaan telah memberikan persetujuan bagi kami untuk bergerak maju, dan yakin akan kemampuan kami untuk menciptakan nilai jangka panjang yang signifikan melalui akuisisi aset utama Fox ini,” ujar Chairman dan CEO Disney Robert Iger seperti dilansir Fox Business Minggu (29/7/2018).

Desember lalu ketika kesepakatan diumumkan, Executive Chairman 21st Century Fox Rupert Murdoch mengatakan bahwa perusahaannya akan memiliki arus kas setidaknya 2 miliar dollar AS per tahun.

“Kita melihat dapat memperluas itu dan mengambil peluang lain serta membangun perusahaan hebat lainnya,” kata dia

Jika kesepakatannya selesai, inilah yang akan didapatkan Disney : film dan studio TV Fox, kepemilikan mayoritas dalam layanan video streaming Hulu, saham di perusahaan TV berbayar Inggris yakni Sky, dan jaringan kabel FX dan National Geographic.

Fox sedang pun sedang mempertimbangkan untuk membeli sisa saham Sky. Sedangkan, Comcast sendiri telah mengajukan tawaran 34 miliar dollar AS untuk mengendalikan Sky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com