Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Senin Pagi Menguat, IHSG Naik ke Kisaran 6.000

Kompas.com - 30/07/2018, 10:46 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat menguat pada awal perdagangan Senin (30/7/2018). Mengutip Bloomberg pukul 10.00 WIB, rupiah menguat 0,02 persen ke level Rp 14.414 per dollar AS.

Analis Monex Investindo Futures, Putu Agus Pransuamitra mengatakan, penguatan rupiah ditopang oleh pernyataan Presiden Donald Trump yang mengancam akan menutup operasional pemerintah atau shutdown.

Hal ini terjadi apabila Partai Demokrat tidak menyetujui undang-undang imigrasi dan enggan membiayai pembangunan tembok perbatasan dengan Meksiko. “Pernyataan ini sempat melemahkan dollar AS di awal perdagangan,” katanya.

Meski begitu, ia menilai penguatan rupiah hanya sementara lantaran data pertumbuhan ekonomi AS di kuartal II mencapai 4,1 persen.

Baca juga: Bappenas: Asian Games Bantu Penguatan Rupiah

Memang, angka ini masih lebih rendah dari ekspektasi pelaku pasar yang mencapai 4,2 persen. Namun, hasil tersebut jelas sudah jauh lebih baik ketimbang pertumbuhan ekonomi di kuartal I yang mentok di level 2 persen.

Data pertumbuhan ekonomi yang positif membuat ekspektasi kenaikan suku bunga acuan AS sebanyak dua kali lagi di tahun ini kian membesar. Setidaknya, hal itu terefleksikan dari pergerakan indeks dollar AS yang menguat 0,07 persen ke level 94.7 pada pukul 10.00 WIB.

Putu melanjutkan, para pelaku pasar juga masih menanti hasil rapat Federal Open Market Committee pada tengah pekan nanti. “Pasar menanti outlook kebijakan moneter The Fed setelah dirilisnya data pertumbuhan ekonomi AS,” ujarnya.

Menurutnya, rupiah berpeluang melemah terbatas pada hari ini dengan rentang Rp 14.360—Rp 14.435 per dollar AS.

Sementara indeks harga saham gabungan pagi ini juga menguat dan kembali menembus level psikologis 6.000. Sekitar pukul 10.30, indeks acuan Bursa Efek Indonesia (BEI) ini naik 14,92 poin atau 0,25 persen ke posisi 6.004,06. (Dimas Andi)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Senin pagi, rupiah menguat tipis ke level Rp 14.414 per dollar AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com