Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertekan Aksi Ambil Untung, IHSG Pagi Memerah

Kompas.com - 31/07/2018, 09:51 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kemungkinan menghentikan reli yang sudah terjadi tujuh hari perdagangan terakhir. Selasa (31/7) pagi pukul 9:15, IHSG melemah tajam 79 poin atau 1,32 persen ke level 5.947,72.

Sepuluh sektor kompak melemah. Grup saham infrastruktur terkoreksi paling dalam, dengan penurunan 3,41 persen pada pagi ini, diikuti sektor pertambangan, finansial, dan aneka industri yang tergerus di atas 1 persen. 

IHSG tak melemah sendirian. Pagi ini, mayoritas bursa utama di Asia memerah. Indeks Nikkei di Jepang turun 0,26 persen, Indeks Shanghai di China terkoreksi 0,4 persen, dan indeks ASX 200 di Australia flat.

IHSG beberapa hari terakhir menguat ditopang musim laporan keuangan emiten yang positif, sementara ketegangan perang dagang global mereda.

Baca juga: Rupiah Senin Pagi Menguat, IHSG Naik ke Kisaran 6.000

Setelah menembus level psikologis 6.000 kemarin, IHSG sejatinya masih punya peluang penguatan. Apalagi, dana asing mulai kembali ke pasar domestik.

"Tapi, hati-hati, karena secara teknikal, sudah overgrowth. Ada potensi aksi ambil untung atau profit taking," kata Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang kemarin.

Departemen Riset PT Valbury Sekuritas Indonesia menyebut, meskipun musim laporan keuangan laba perusahaan jelang berakhir, sentimen ini masih akan menjadi penopang IHSG. "Tapi di satu sisi, ketidakpastian faktor global bisa menghambat laju indeks," tulis Valbury pada risetnya hari ini.

Selain itu, pekan ini investor diperkirakan tak agresif, menunggu keputusan bank sentral dari ekonomi utama dunia. Bank of Japan misalnya akan mengumumkan hasil pertemuan hari ini, yang diperkirakan pasar akan mulai mengetatkan ekonomi.

Besok, The Fed akan mengumumkan keputusan bunga, dan lusa Bank of England diperkirakan pasar akan mengumumkan kenaikan bunga acuannya.  (Intan Nirmala Sari, Sanny Cicilia)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul IHSG sempat ambles 1,32% terseret aksi ambil untung


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com