Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS EKONOMI

Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Ikut Sukseskan Asian Games 2018

Kompas.com - 01/08/2018, 09:04 WIB
Kurniasih Budi

Penulis


JAKARTA,  KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI ikut berkontribusi dalam menyukseskan Asian Games 2018.

Ditjen Perhubungan Darat akan menyediakan kendaraan bus serta menjamin kelaikan operasional bus yang akan digunakan selama perhelatan olahraga Asian Games 2018.

Penyediaan angkutan bus yang laik jalan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata dari Ditjen Perhubungan Darat untuk ikut mensukseskan Asian Games 2018.

“Kami akan memastikan dan mencarikan kendaraan bus yang benar-benar laik operasional dan bisa dipertanggungjawabkan untuk mengangkut para atlet, official dan suporter Asian Games 2018, karena hal ini mempertaruhkan nama baik bangsa Indonesia,” Direktur Pembinaan Keselamatan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Ahmad Yani dalam pernyataan resmi, Selasa (31/7/2018).

Baca juga: Menengok Persiapan Infrastruktur di DKI untuk Sambut Asian Games 2018

Tak tanggung-tanggung, tim Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub sejak awal Juli lalu gencar melakukan ramp check di pool bus pariwisata yang tersebar di beberapa daerah seperti Bekasi, Cikarang, Cibubur, Bogor, Tangerang, Subang, Bandung, Semarang, Pati, Karanganyar, Purwodadi, Ambarawa, dan Wonosobo.

Tim Ditjen Perhubungan Darat memastikan seluruh kendaraan bus lulus kriteria ramp check
yaitu unsur administrasi, unsur teknis utama, dan unsur teknis penunjang.

Pelatihan dan aplikasi bagi pengemudi

Selain menjamin kelaikan operasi kendaraan bus untuk para atlet Asian Games, Ditjen Perhubungan Darat juga akan memberikan pelatihan kepada para pengemudi.

Para pengemudi bus khusus Asian Games ini akan diberikan E-log Book, yang menggunakan aplikasi android.

Ahmad Yani mengatakan, E-log book ini bertujuan untuk mengawasi jam kerja pengemudi, riwayat kesehatannya, posisi awal pengemudi dan tujuan akhirnya.

“Dari E-log book ini kita bisa melihat jam kerja mereka, apakah melebihi batas waktunya atau tidak, karena jam kerja tidak boleh lebih dari 8 jam. Jadi semuanya bisa terlacak dan terpantau dengan aplikasi ini,” ujarnya.

Ahmad Yani berharap lewat dukungan penuh yang diberikan oleh seluruh elemen masyarakat dan institusi/lembaga Negara untuk perhelatan Asian Games ini, prestasi para atlet Indonesia terus meningkat dan Indonesia bisa menjadi juara umum di Asian Games.

Ditjen Perhubungan Darat akan menyediakan kendaraan bus serta menjamin kelaikan operasional bus yang akan digunakan selama perhelatan olahraga Asian Games 2018.
Dok. Humas Ditjen Perhubungan Darat Ditjen Perhubungan Darat akan menyediakan kendaraan bus serta menjamin kelaikan operasional bus yang akan digunakan selama perhelatan olahraga Asian Games 2018.

Ramp check

Sementara itu, Kepala Subdit Audit dan Inspeksi Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Renhard Ronald menambahkan, Ditjen Perhubungan Darat akan menyediakan total sebanyak 256 angkutan bus untuk mengangkut para atlet, official, dan suporter selama pelaksanaan Asian Games 2018.

Hingga kini, pihaknya telah melakukan ramp check terhadap 210 kendaraan dari total target bus yang akan disediakan yaitu 256 bus.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com