Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS EKONOMI

Panen Bawang di Brebes, Mentan dan Buwas Siap Berantas Mafia Pangan

Kompas.com - 01/08/2018, 15:44 WIB
Mikhael Gewati,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi


BREBES,  KOMPAS.com
- Para petani bawang merah di Desa Jagalempeni, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah meminta pemerintah untuk mempertahankan harga jual bawang merah di tingkat petani tinggi seperti saat ini.

Ketua kelompok Tani Uman Jaya 1 Sultani mengatakan, harga jual bawang merah basah saat ini mencapai Rp 18.000 per kilogram (kg) dan kering Rp 21.000 per kg.

Namun, meski begitu para petani khawatir harga bawang di tingkat petani bisa turun akibat oknum-oknum tertentu yang melakukan impor bawang merah.

"Meski Badan Urusan Logistik (Bulog) sudah menyerap bawang kami, tetapi kalau ada oknum-oknum yang masih melakukan impor maka kondisi petani bawang akan remuk," kata Sugiono, salah satu petani bawang kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman di lokasi panen bawang merah di Desa Jagalempeni, Rabu (1/8/2018).

Baca juga: Mentan Lepas Ekspor Bawang Merah Brebes Ke Thailand

Amran dan Direktur Utama Bulog Budi Waseso yang langsung berdialog dengan petani di lokasi panen menyatakan kesiapannya.

"Sekarang mafia-mafia pangan sudah dibereskan, apalagi sekarang sudah ada Pak Buwas sebagai Dirut Bulog yang baru," kata Amran.

Adapun Buwas mengatakan, Bulog siap bahu membahu dengan berbagai pihak terkait termasuk Kementerian Pertanian untuk memberantas mafia pangan.

"Bersama-sama Menteri Pertanian, kami akan kunci pergerakan mafia pangan," ucap Buwas.

Bulog serap hasil panen

Tak hanya memberantas mafia pangan, mantan ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan kalau Bulog siap membeli hasil panen bawang merah petani di Brebes.

Hal ini dibuktikan dengan akan dibangunnya gudang penyimpanan dengan Sistem Pengkondisian Udara (Controlled Atmosphere Storage/CAS) sehingga dapat menjaga dan mengontrol kelembaban udara.

Dengan begitu dapat menghambat penuaan bawang merah yang berakibat busuk. Hasilnya gudang tersebut dapat menyimpan bawang merah dalam waktu lumayan lama.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Dirut Bulog Buwas berdialog dengan petani bawang merah di lokasi panen bawang merah di Desa Jagalempeni, Kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah Rabu (1/8/2018).

Dok Humas Kementerian Pertanian Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Dirut Bulog Buwas berdialog dengan petani bawang merah di lokasi panen bawang merah di Desa Jagalempeni, Kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah Rabu (1/8/2018).

Baik Amran dan Buwas datang ke Desa Jagalempeni, Kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah untuk melakukan panen bawang merah.

Adapun luas area pertanian bawang merah yang dipanen mencapai 20 hektar (ha) dengan total luas area tanam sebesar 150 ha. Sementara itu, total luas pertanian bawang di kawasan tersebut yaitu 210 ha.

Selain mereka hadir pula Bupati Brebes Idza Priyanti, anggota DPR KOMISI IV Fraksi partai Golkar Agung Widiyantoro dan pejabat kementerian serta Bulog terkait lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com